Politik Pemerintahan

Inilah Penjelasan Pemkab Kediri Tentang Pelantikan Kades Serentak

Kediri (beritajatim.com) – Para kepala desa (Kades) terpilih di Kabupaten Kediri tidak perlu khawatir terhadap jadwal pelantikan. Sebab, Pemerintah Kabupaten Kediri memiliki cukup waktu, hingga akhir 2018 untuk melantik mereka menjadi pejabat di pemerintah desa.

\\\”Terkait rencana pelaksanaan pelantikan serentak kepala desa terpilih, sesuai Perbup No. 28 tahun 2016, bahwa paling lambat 30 hari setelah SK diterbitkan, kades terpilih harus sudah dilantik,\\\” jelas Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Kediri, Krisna Setiawan, Rabu (12/12/2018).

\\\”Merujuk pada hal tersebut, dan mengingat SK Bupati diterbitkan tanggal 29 November 2018, maka batas akhir pelantikan adalah tanggal 29 Desember 2018,\\\” imbuh Krisna.

Sementara itu, menurut pemahaman para kades, pelantikan sedianya dilaksanakan hari ini di Pendopo Kabupaten Kediri, pada Rabu (12/12/2018), namun pemerintah daerah menunda secara mendadak. Penundaan tersebut tertuang dalam isi surat edaran tertanggal 11 Desember 2018 dengan nomor 141/4234/418.24/2018 yang ditujukan kepada para camat, sesuai jadwal tahapan digelar 12 Desember 2018 ditunda.

Krisna menambahkan, jadwal yang sebelumnya disusun, bahwa 12 Desember 2018 tersebut adalah jadwal sementara untuk pelantikan serentak kepala desa terpilih. Namun, mengingat masih ada hal yang perlu dikoordinasikan, maka pelaksanaan pelantikan akan disesuaikan.

\\\”Akan ada pemberitahuan lebih lanjut terkait kepastian waktu pelaksanaan pelantikan serentak kepala desa terpilih,\\\” seru Krisna meminta agar para Kades tidak perlu khawatir.

Terpisah, Ketua Paguyuban Kepala Desa (PKD) Kabupaten Kediri, Yohansyah Iwan Wahyudi mengaku, mendengar kabar adanya penundaan pelantikan kepala desa terpilih. Tetapi, pihaknya tidak mengetahui secara persis persoalan tersebut. Oleh karena itu, PKD juga belum mengambil langkah untuk berkoordinasi lebih lanjut dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) setempat.

\\\”Untuk jadwal pelantikan serentak, sampai saat ini para kepala desa terpilih sifatnya masih menunggu. Kami sendiri juga belum berkoordinasi dengan DPMPD mengenai masalah ini,\\\” ungkap Yohansyah. [nng/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar