Politik Pemerintahan

7.670 Pengawas TPS di Jember Pegang Peran Penting

Jember (beritajatim.com) – Sebanyak 7.670 orang pengawas tempat pemungutan suara (TPS) punya peran penting saat hari pemungutan suara. Mereka mengawasi persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suaram dan pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke panitia pemungutan suara (PPS).

Devi Aulia Rahim, salah satu komisioner Badan Pengawas Pemilu Jember mengatakan, pengawas TPS wajib menyampaikan laporan hasil pengawasan pemungutan dan penghitungan suara kepada pengawas kecamatan. “Kedua, menyampaikan hasil pengawasan kepada panwaslu kecamatan melalui panwaslu kelurahan atau desa,” katanya.

Dalam Undang Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, di pasal 115, pengawas TPS berwenang menyampaikan keberatan jika ada dugaan pelanggaran, kesalahan, atau penyimpangan administrasi pemungutan dan penghitungan suara. Mereka berhak menerima salinan berita acara dan sertifikat pemungutan dan penghitungan suara, melaksanakan wewenang lain sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Para pengawas TPS ini sudah dilantik dan menjalani bimbingan teknis terkait pengawasan. Mereka diharuskan siap melaksanakan tugas-tugas pengawasan tahapan pemilu 2019 mulai H-23 hingga H+7, yakni sejak dilantik pada 25 Maret sampai 24 April. “Pengawas TPS ini baru, karena dalam pemilu 2014 tidak ada pengawas TPS,” kata Devi. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar