Politik Pemerintahan

631 CJH Gresik Belum Lunasi BPIH

Gresik (beritajatim.com) – Sebanyak 631 calon jamaah haji (CJH) asal Gresik, belum melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) yang akan berakhir 10 hari kedepan. Kasi PHU Kemenag Gresik Hamdun menghimbau bagi calon jemaah haji (CJH) sebaiknya segera melunasi BPIH. Untuk wilayah Gresik jumlahnya mencapai sebesar Rp 36,5 juta lebih.

“Kalau sudah lunas di tahap pertama sudah enak. Tinggal mengikuti proses selanjutnya,” ujarnya, Minggu (31/03/2019).

Sementara, staf PHU Kemenag Gresik Lulus menuturkan, tahun ini Kemenag Gresik memberangkatkan 2.225 CJH. Dari jumlah tersebut, 1.594 jemaah sudah melunasi pembayaran BPIH. “Meski masih ada waktu di tahap kedua. Namun, kami harap segera mungkin dilunasi,” tuturnya.

Sementara itu, hasil mampu secara kesehatan atau istithaah 2.225 CJH tersebut belum bisa dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Gresik. Kabid P2P Dinkes Gresik dr Ummi Khoiroh. Sebab, saat ini pihaknya mengaku masih melakukan validasi data mengingat pemeriksaan CJH dilakukan oleh 32 puskesmas.

“Ada empat kategori. Yakni istithaah, istithaah dengan pendampingan, tidak istithaah sementara, dan tidak istithaah. Nah, kalau ada CJH yang mengalami masalah kesehatan nanti jemaah bakal menjalani pengobatan lebih dulu agar bisa istithaah,” tandasnya. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar