Politik Pemerintahan

540 Penghuni Rutan Banjarsari Gresik Gunakan Hak Pilih

Gresik (beritajatim.com)- Sebanyak 540 penghuni rumah tahanan (Rutan) Banjarsari Cerme, Gresik yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) menggunakan hak pilihnya di pemilu serentak 17 April 2019.

Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Banjarsari Cerme, Mahendra Sulaksana mengatakan, dari total 667 penghuni yang masuk DPT hanya 540 orang. Sisanya, belum memenuhi syarat sebagai DPT. “Rutan Banjarsari Cerme, Gresik masuk di TPS 19,” katanya, Rabu (17/4/2019).

Ia menambahkan, untuk pemungutan suara di Rutan Banjarsari Cerme, hanya memilih pilpres, DPD, DPRD Provinsi. Sementara DPRD Kabupaten tidak menggunakan hak pilih karena sesuai dengan aturan KPU.

Sementara salah satu penghuni Rutan Banjarsari Cerme, Gresik, Elis Setyowati (25) yang terkena kasus narkoba mengatakan, dirinya senang bisa menggunakan hak pilihnya meski menjalani proses hukuman di rutan. “Senang masih bisa mencoblos meski di dalam rutan,” ujarnya.

Hal yang sama dialami Farid (24). Penghuni rutan yang juga terjerat kasus narkoba ini menyatakan coblosannya seperti di rumah sendiri tidak ada bedanya. “Ya seperti di rumah sendiri soal surat suara yang banyak tidak ada masalah,” pungkasnya. [dny/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar