Politik Pemerintahan

51 Orang Tunagrahita Sampang Masuk Daftar Pilpres 2019

Sampang (beritajatim.com) – Sebanyak 51 penyandang Tunagrahita atau keterbelakangan mental yang ada di Kabupaten Sampang, Madura masuk dalam daftar pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu).

Sehingga, mereka dipastikan bisa memberikan hak suaranya alias boleh mencoblos pada pemilihan calon Presiden-Wakil Presiden serta calon Legislatif yang akan digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 17 April 2019 mendatang.

Komisioner KPU Sampang, Divisi Perencanaan dan Data, Addy Imansyah menyampaikan, jumlah tunagrahita, sudah dilakukan rekapitulasi menjadi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2).

“Tunagrahita yang dimaksud, sudah kami lakukan klarifikasi dan rekapitulasi untuk menjadi daftar pemilih pada Pemilu 2019,” ujarnya, Jumat (4/1/2019).

Pendataan faktual terhadap tunagrahita yang dilakukan KPU telah memenuhi syarat sebagai pemilih, mengacu pada Undang-undang nomor 7 tahun 2017 pasal 198 ayat (1) ke dalam daftar pemilih dengan memberikan catatan pada kolom keterangan.

“Selain tunagrahita ada disabilitas lainya yaknu tunadaksa sebanyak 1.920, tuna netra 218, tuna rungu/wicara 29, dan disabilitas lain mencapai 453. Total data penyandang disabilitas yang sudah kami rekap mencapai 2.671 orang,” pungkasnya.[sar/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar