Politik Pemerintahan

45 Legislator Terpilih Ditetapkan Awal Juli 2019

Pamekasan (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, bakal segera menetapkan 45 anggota DPRD setempat, yang dipastikan sebagai anggota legislatif terpilih untuk periode 2019-2024 mendatang.

Bahkan penetapan tersebut direncanakan ditetapkan pada awal Juli 2019, sekaligus menunggu hasil keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK). Apalagi saat ini terdapat sejumlah partai politik (parpol) yang masih mengajukan sengketa terhadap hasil pemilu yang digelar serentak 17 April 2019 lalu.

“Jadwal penetapan itu bisa berubah, tergantung perkembangan perkara perselisihan pemilu di MK. Karena Partai Golkar dan PPP masih bersengketa, namun info yang kami terima berkasnya belum lengkap,” kata Ketua KPU Pamekasan, Mohammad Halili, Minggu (23/6/2019).

Tidak hanya itu, pihaknya tengah menunggu kepastian seputar proses sengketa yang akan disidangkan di Gedung MK. “Jika tanggal 1 Juli tidak ada persoalan, maka kami paling lambat tanggal 4 Juli sudah menetapkan perolehan kursi DPRD Pamekasan,” ungkapnya.

“Hanya saja jika nanti masih ada (perkara yang akan disidangkan), maka kami juga akan mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan. Tentunya untuk persiapan persidangan di MK,” tegas pria yang akrab disapa Halili.

Mengacu pada Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, serta Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2009 tentang Pemungutan Suara. Hasil resmi pemilu 2019 akan diumumkan dalam skala nasional paling lama 35 hari pasca pelaksanaan Pemilu 2019. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar