Politik Pemerintahan

Hampir Sebulan Pasca Dilantik

45 Anggota DPRD Pamekasan Belum Bekerja Maksimal

45 Anggota DPRD Pamekasan, saat menjalani prosesi pelantikan sebagai wakil rakyat di Mandepa Agung Ronggosukowati, Jl Pamong Praja Nomor 1 Pamekasan, Rabu (21/8/2019). foto: Samsul/beritajatim

Pamekasan (beritajatim.com) – Menjelang sebulan pasca pelantikan, sebanyak 45 anggota DPRD Pamekasan belum dapat dikatagorikan bekerja maksimal karena belum terbentuknya berbagai alat kelengkapan dewan di Gedung Wakil Rakyat di Jl Kabupaten 107 Pamekasan.

Sebab hingga saat ini, alat kelengkapan DPRD Pamekasan justru molor hampir sebulan pasca proses pelantikan yang digelar di Mandhepa Agung Ronggosukowati, Rabu (21/8/2019) lalu. Bahkan terdapat beberapa posisi penting yang hingga saat ini dinyatakan belum final.

Tidak hanya pada tataran komposisi fraksi dari masing-masing partai politik (parpol) yang memiliki kursi di legislatif. Namun juga untuk posisi pimpinan, yakni untuk posisi Ketua maupun Wakil Ketua yang hingga saat ini masih berjalan alot dan belum tuntas.

Bahkan tujuh fraksi dari 10 parpol pemilik kursi legislatif periode 2019-2024, satu fraksi di antaranya juga belum mengusulkan nama-nama komposisi internal fraksi, yakni Fraksi Partai Demokrat Pamekasan. “Dari total tujuh fraksi di DPRD Pamekasan, hanya satu fraksi yang belum mengusulkan, yakni Partai Demokrat. Sedangkan enam fraksi lainnya sudah diusulkan,” kata Kabid Persidangan DPRD Pamekasan, Fathorrahman, Jum’at (13/9/2019) lalu.

Tujuh fraksi dari total 10 parpol berbeda yang mendapat satu fraksi, masing-masing Fraksi Partai Demokrat, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), serta Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sementara lima parpol lainnya harus menjalin koalisi membentuk fraksi, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) tergabung dalam Fraksi Madani. Sementara Partai Amanat Nasinon (PAN) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem) berkoalisi dalam Fraksi PAN-NasDem. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar