Politik Pemerintahan

4 Nama Bersaing di Konferda PDIP Jatim, Siapa Mereka?

Surabaya (beritajatim.com) – Setelah menuntaskan Konfercab DPC PDIP se-Jatim, DPD PDIP Jatim akan menggelar Konferda di Hotel Wyndham Surabaya pada Rabu (24/7/2019) besok. Ini artinya pelaksanaan Konferda dimajukan tiga hari dari jadwal semula pada Sabtu (27/7/2019) mendatang.

“Awalnya Konferda memang akan digelar pada 27 Juli dipaskan dengan Peristiwa Kudatuli. Tapi karena persiapan menjelang Kongres PDIP pada 8 Agustus, Konferda dimajukan pada Rabu besok,” kata Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari saat dikonfirmasi beritajatim.com, Selasa (23/7/2019).

Menurut Untari, Konferda PDIP Jatim rencananya akan dibuka oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan akan dihadiri Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat. “Yang menarik juga adalah Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar akan hadir memberikan tausiyah kebangsaan kepada pengurus dan kader PDIP Jatim yang hadir besok,” tuturnya.

Informasi yang diperoleh beritajatim.com, besok utusan DPP PDIP pada Konferda Jatim akan membawa amplop bersegel yang bertuliskan tiga nama pengurus PDIP Jatim sebagai ketua, sekretaris dan bendahara (KSB). Hal ini tidak jauh berbeda dengan proses yang dilakukan pada Konfercab serentak DPC PDIP kabupaten/kota se-Jatim pada 7 Juli 2019 lalu.

“Ada empat nama yang bersaing menjadi Ketua DPD PDIP Jatim masa bakti 2020-2025. Yakni, Ketua saat ini Kusnadi, Sekretaris Untari, Bendahara Wara Sundari Renny Pramana dan Wakil Ketua Budi ‘Kanang’ Sulistyono. Tapi bisa juga muncul nama lain selain empat nama itu yang diputuskan DPP. Sebagai kader harus tunduk dan patuh kepada partai,” ujar sumber beritajatim.com.

Dalam Peraturan PDIP nomor 28 tahun 2019 itu telah diatur kewenangan masing-masing tingkat. Level PAC di kecamatan, DPC di kabupaten/kota, DPD di tingkat provinsi dan DPP di level pusat, semua punya kewenangan mengusulkan nama.

Sedangkan kewenangan untuk memutuskan menjadi domain DPP PDIP. Bahkan di pasal 44 ayat 1 Peraturan PDIP 28/2019 disebutkan DPP PDIP berwenang untuk menunjuk Ketua DPC atau Ketua DPD, di luar nama-nama yang diusulkan dari bawah. (tok/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar