Politik Pemerintahan

19.822 Lembar Surat Suara Dimusnahkan

Mojokerto (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto memusnahkan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) sebanyak 19.822 lembar. Pemusnahan surat suara tersebut dilakukan dengan cara dicacah menggunakan mesin pemotong.

Pemusnahan dilakukan di gudang KPU Kabupaten Mojokerto yang terletak di GOR Dinas Pendidikan setempat, Selasa (16/4/2019). “Surat suara yang kita musnahkan terdiri dari dua jenis,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Mojokerto, Ayuhannafiq.

Masih kata Yuhan, pertama karena rusak dan yang kedua karena kelebihan yang dikirim dari rekanan. Yakni sebanyak 19.822 lembar. Dari jumlah itu, yang terbanyak ada di jenis surat suara Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat provinsi.

“Yakni sebanyak 7.449 lembar. Jenis kerusakannya ada macam-macam, ada gradasi warna, robek dan kusut. Pemusnahan dengan cara mencacah sehingga tidak lagi berbentuk surat suara,” katanya.

Yuhan menjelaskan, pemusnahan surat suara tersebut untuk menunjukan bahwa setelah mengirim surat suara ke PPK dan PPS yang digunakan pada hari H pencoblosan, sudah tidak ada lagi surat suara yang tersimpan di KPU Kabupaten Mojokerto. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar