Politik Pemerintahan

10 Masjid di Jember Laksanakan Rabu Putih

Jember (beritajatim.com) – Ada sepuluh masjid yang kemungkinan akan melaksanakan aksi Rabu Putih di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (17/4/2019). Rabu Putih adalah nama aksi pendukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang akan berangkat ke tempat pemungutan suara (TPS) dari masjid.

“Awalnya kami petakan ada tidaknya kemungkinan Rabu Putih, dan kami sudah berkomunikasi dengan seluruh takmir masjid di Kabupaten Jember. Ada sekitar dua ribu masjid (yang diajak berkomunikasi) dan disinyalir ada 10 masjid terindikasi kemungkinan ada karena dilihat dari history,” kata Kepala Kepolisian Resor Jember AKBP Kusworo Wibowo, di sela-sela patroli ke kantor Komisi Pemilihan Umum Jember, Selasa (16/4/2019) malam.

Kusworo menolak menyebutkan lokasi 10 masjid itu. “Tidak perlu disampaikan di media. Khawatirnya akan menimbulkan kekhawatiran di masyarakat,” katanya.

Kusworo sudah menempatkan aparat kepolisian di sana. Sejumlah organisasi kemasyarakatan Islam juga memantau kegiatan tersebut. “Sudah dijalin informasi bahwa tidak akan mungkin ada tausiyah atau ceramah Subuh yang bersifat ujaran kebencian yang berpengaruh terhadap elektabilitas pemilu,” katanya.

Kusworo berharap tausiyah di masjid jelang pemungutan suara adalah untuk menguatkan keimanan terhadap Tuhan. “Tidak menyinggung (hal yang) berkaitan dengam pemilu, dan memang ada imbauan untuk tidak mempolitisasi masjid. Insya Allah tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” katanya.

Kusworo menegaskan, tidak boleh ada upaya kekerasan dalam mempengaruhi pemilih maupun menggunakan iming-iming uang. “Ancaman hukumannya 2-3 tahun penjara,” katanya. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar