Politik Pemerintahan

1.499 Orang Pindah Memilih ke Jember

Ahmad Hanafi

Jember (beritajatim.com) – Sebanyak 1.499 orang warga dari berbagai daerah tercatat mengajukan permohonan untuk pindah memilih ke Kabupaten Jember, Jawa Timur. Sementara, hanya 584 orang warga Jember yang akan mencoblos di luar daerah pada 17 April 2019 nanti.

Warga Jember yang pindah memilih ke luar daerah terbanyak berasal dari Kecamatan Sumberbaru (79 orang), Kaliwates (49 orang), Wuluhan (37 orang), Umbulsari (36 orang). “Sementara data pemilih luar yang masuk ke Jember terbanyak ada di Kecamatan Sumbersari sebanyak 359 orang, kemudian di Jenggawah ada 239 orang,” kata Ahmad Hanafi, salah satu komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember.

“Hanya Kecamatan Sukowono, Bangsalsari, Gumukmas, dan Ledokombo yang kosong (tidak dimasuki pemilih dari luar Jember),” kata Hanafi. Penempatan tempat pemungutan suara sudah disesuaikan dengan domisili pemilih.

Menurut Hanafi, akan dibuka lagi pendaftaran pemilih tambahan tahap kedua. “Batas akhir pengurusan pindah memilih adalah 30 hari sebelum pemungutan suara. Ini berarti terakhir adalah 18 Maret 2019,” katanya. Pertambahan pemilih ini tak lantas membuat KPU Jember membuat TPS baru, karena TPS yang ada masih memungkinkan untuk menampung warga yang memutuskan pindah memilih.

Jumlah terbanyak warga yang pindah memilih ke Jember berasal dari Sekolah Tinggi Dirasat Islam Imam Syafi;i, yakni sekitar 300 orang santri. “Mereka bisa dikover TPS-TPS terdekat, karena banyak TPS yang memiliki jumlah pemilih tidak sampai 300 orang,” kata Hanafi. [wir/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar