Politik Pemerintahan

1.469 Warga Tercatat sebagai DPTb Pemilu di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 1.469 orang dari luar daerah tercatat dalam hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb) untuk pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di kabupaten Pamekasan.

Jumlah tersebut merupakan data hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, tentang Rekapitulasi DPTb Pemilu 2019 yang ditetapkan pada Senin (18/2/2019) lalu.

“Berdasar hasil rekapitulasi DPTb untuk pelaksanaan pemilu di Pamekasan, tercatat sebanyak 1.469 orang. Terdiri dari sebanyak 1.024 pemilih laki-laki dan sebanyak 445 pemilih perempuan,” kata Divisi Perencanaan dan Data KPU Pamekasan, Mohammad Subhan, Kamis (14/3/2019).

Selain itu, jumlah tersebut tidak termasuk dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT-HP) yang sudah ditetapkan KPU Pamekasan. “Jumlah ini diluar DPT-HP tahap tiga yang sudah ditetapkan, yakni sebanyak 706.619 orang,” ungkapnya.

“Jadi jumlah ini khusus data masyarakat yang pindah lokasi pemilihan, mereka berasal dari daerah dan pindah memilih di Pamekasan. Selanjutnya disebut DPTb,” sambung pria yang akrab disapa Subhan.

Sementara jumlah pemilih yang pindah atau keluar dari Pamekasan, lebih sedikit dibandingkan jumlah pemilih masuk. “Total pemilih yang keluar sebanyak 468 orang, terdiri dari sebanyak 277 pemilih laki-laki dan sebanyak 191 pemilih perempuan,” jelasnya.

Disinggung soal alasan pemilih yang masuk ataupun keluar daerah, karena alasan berbeda. “Alasan warga luar daerah yang memilih di Pamekasan, sebagian besar tercatat sebagai pelajar. Sementara warga Pamekasan, yang pindah ke luar daerah beralasan sedang bekerja di luar daerah,” pungkasnya. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar