Peristiwa

Warga Kedamean Gresik Temukan Mortir

Gresik (beritajatim.com) – Supriyadi (49) warga asal Desa Manunggal Kecamatan Kedamean Gresik tidak menduga cangkul yang digunakan buat menanam lombok di ladang menyentuh benda keras yang terkubur di dalam tanah. Saat digali, ternyata benda tersebut sebuah mortir aktif diduga peninggalan perang dunia kedua.

Kuatir terhadap keselamatan dirinya. Supriyadi akhirnya melaporkan penemuan mortir tersebut ke kepala dusun lalu diteruskan ke Polsek Kedamean.

Kapolsek Kedamean AKP Suparmin membenarkan bahwa ada salah seorang petani di Desa Manunggal Kecamatan kedamean menemukan sebuah mortir di kebun saat hendak menanam bibit lombok, diduga mortir tersebut bekas perang dunia dua.

“Memang benar ada petani yang menemukan mortir kondisinya masih utuh. Tapi, sudab karatan dengan ukuran 81 milimeter. Saat ini, lokasi masih tersebut kami police line agar tidak ada warga yang mendekat dikuatirkan tidak terjadi hal yang tidak d inginkan takutnya mortir tersebut masih aktif dan bisa meledak. Kami sudah laporkan juga ke tim Jihandak Brimob Polda Jatim untuk dievakuasi,” ujarnya, Rabu (28/01/2020).

Sementara itu, Supriyadi mengaku saat mencangkul di lahan. Tidak ada firasat apa-apa karena memang sudah waktunya menanam bibit lombok.

“Saya tak punya firasat apapun cuma sewaktu cangkul berbunyi ting. Saya gali ternyata mirip bom tapi lebih kecil. Kuatir terjadi apa-apa lalu melaporkan penemuan ini ke kepala dusun dan diteruskan ke Polsek Kedamean,” tandasnya. (dny/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar