Peristiwa

Harus Kita Jaga

Wapres JK: Indonesia Muslim Terbesar Tapi Warganya Rukun

Malang(beritajatim.com) – Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan Pembukaan Festival Kebangsaan II 2019 dan Penandatanganan Prasasti Peresmian Infrastruktur Baru Universitas Muhammadiyah Malang, Sabtu (6/04/2019).

Dalam orasi kebangsaannya, Jusuf Kalla mengatakan ada perbedaan antara bangsa dan negara. Negara memiliki batas teritori dan aturan. Sedangkan bangsa tidak ada batasnya, sebab banyak golongan yang hidup sebagai sebuah kebangsaan.

“Negara ada batasnya. Bangsa tidak ada batasnya, walaupun kita teridiri dari berbagai suku bangsa, kita bisa menjadi satu atas nama kebangsaan,” kata Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla menuturkan, Indonesia bisa besar karena nilai kebangsaan yang cukup kuat. Sebagai bangsa yang besar, Indonesia di anugerahi banyak perbedaan. Seperti berbagai macam suku, berbagai macam bahasa daerah, hingga berbagai macam agama.

Di Indonesia, warga beda agama bisa hidup rukun berdampingan dengan umat muslim yang menjadi warga mayoritas di Indonesia. Sebagai muslim terbesar di dunia, Indonesia mampu menjaga persatuan dan kesatuan. Dia berharap nilai-nilai kebangsaan ini terus terjaga.

“Kita muslim terbesar di dunia tapi warganya hidup rukun tidak seperti di timur tengah. Kita harus membina Indonesia sebagai bangsa yang besar, negara yang kuat dan negara memiliki semangat berkemajuan,” tandas Jusuf Kalla. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar