Peristiwa

Wabup Yusuf Sebut Ancaman Bencana di Banyuwangi Lengkap

Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko, Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifudin, dan Dandim 0825 Letkol Inf Yuli Eko Purwanto saat Apel Bersama Siaga Bencana Hidrometeorologi, Jumat (10/1/2020).

Banyuwangi (beritajatim.com) – Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko menyebut, potensi ancaman bencana di daerahnya cukup lengkap dan beragam. Di antaranya, daerahnya ada 10 kecamatan yang berpotensi mengalami banjir karena wilayahnya dialiri sungai besar dan terletak dekat dengan muara sungai.

“Sepuluh titik tersebut adalah Kecamatan Wongsorejo, Kalipuro, Banyuwangi, Kabat, Rogojampi, Blimbingsari, Muncar, Purwoharjo, Siliragung, dan Pesanggaran,” ungkapnya, Jumat (10/1/2020).

Selain itu, kata Yusuf, juga telah dipetakan 13 titik rawan longsor. Yakni Kecamatan Wongsorejo, Kalipuro, Giri, Glagah, Licin, Kabat, Songgon, dan Sempu. Selain juga, Glenmore, Kalibaru, Bangorejo, Siliragung, dan Pesanggaran.

“Tiga belas kecamatan ini merupakan wilayah di kawasan pegunungan yang rawan longsor saat terjadi hujan ekstrem,” ujarnya.

Selain itu, Lanjut Yusuf, juga ada potensi bencana letusan gunung api, gempa bumi, dan tsunami, Banyuwangi juga berpotensi mengalami bencana hidrometeorologi.

“Seperti banjir, tanah longsor, hingga kekeringan tadi,” pungkasnya. [rin/but]

 

Apa Reaksi Anda?

Komentar