Peristiwa

Tumpukan Kulit Degan di Dekat Pemukiman Terbakar

Tuban (beritajatim.com) – Warga yang tinggal di kawasan pasar kambing Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, digegerkan dengan kebakaran yang berasal dari tumpukan tempat pembuangan sisa kulit degan (kelapa muda), Selasa (10/12/2019).

Sejumlah warga kaget lantaran dalam kebakaran itu api sudah sangat besar. Sudah begitu, lokasi lahan pembuangan sisa kulit degan itu dekat dengan rumah warga. Beruntung saat itu langsung terjadi hujan deras dan pemilik lokasi pembuangan kulit degan juga melaporkan kejadian itu ke BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah).

“Pekerja saya tadi tahunya api sudah membesar. Jadi kami sudah tidak bisa memadamkan api,” terang Wiwit, penjual degan yang menyewa lahan itu.

Lantaran api semakin membesar, membuat sejumlah orang yang ada di lokasi tersebut panik. Sehingga pemilik lahan langsung melaporkan kejadian tersebut ke pemadam kebakaran dari BPBD Tuban. “Saya langsung minta tolong untuk lapor pemadam. Untungnya juga tadi sempat turun hujan deras,” tambah Wiwid, saat berada di lokasi kebakaran tersebut.

Sementara itu, petugas dari BPBD Tuban yang mendapatkan laporan langsung menerjunkan satu unit kendaraan PMK ke lokasi. Namun, karena api sudah membara dari tumpukan kulit kupasan degan, membuat petugas sempat kesulitan untuk memadamkan api.

“Kalau ini tumpukannya sudah lama, paling sudah ada sekitar satu meter. Dulu pernah terjadi kebakaran, tapi tidak sampai besar seperti ini,” papar pemilik warung degan segar itu.

Api akhirnya berhasil benar-benar dipadamkan setelah petugas PMK BPBD Tuban menerjunkan dua tangki air yang digunakan untuk pembasahan. Petugas PMK dibantu dengan para pekerja penjual degan harus mengurai tumpukan kulit degan yang sudah terlanjur ikut terbakar supaya bisa dipadamkan. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar