Peristiwa

TPA Sampah Angsanah Terbakar

Pamekasan (beritajatim.com) – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, di Desa Angsanah, Kecamatan Palengaan, terbakar, Rabu (19/6/2019).

Kebakaran tersebut diduga akibat keteledoran warga sekitar yang membakar sampah di lokasi TPA seluas 1,8 hektar, Bahkan kobaran api hampir membakar separuh dari total luas TPA, ditambah dengan kepiulan asap yang membuat warga sekitar panik.

“Kebakaran diduga akibat warga di sebelah timur TPA membakar daun kering, bara api terbawa angin ke lahan TPA hingga mengakibatkan kebakaran,” kata Supervisor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, Budi Cahyono.

Selain itu pihaknya menyampaikan kobaran api berlangsung cepat karena mengenai tumpukan sampah yang didominasi benda yang mudah terbakar. “Area yang terbakar umumnya plastik dan benda-benda lain yang mudah terbakar,” ungkapnya.

“Untuk mengatasi itu, dua armada Damkar diterjunkan. Termasuk lima tangki tangki penyuplai air milik BPBD, Damkar dan DLH. Sehingga api pun bisa dipadamkan dalam waktu yang relatif lama, termasuk prosesi pembasahan wilayah,” jelasnya.

Beruntung peristiwa tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa,. Apalagi saat peristiwa terjadi, kondisi angin cukup kencang dan bisa melalap area lainnya. “Korban jiwa nihil, soal kerugian kami belum tahu secara pasti,” pungkasnya. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar