Peristiwa

Tower Radio dan Puluhan Rumah Rusak Disapu Angin Kencang

Pamekasan (beritajatim.com) – Puluhan rumah hingga tower mengalami kerusakan akibat hujan lebat disertai angin kencang yang melanda wilayah Pamekasan dan sekitarnya, Senin (4/2/2019) sore.

Jumlah tersebut tersebar di dua kecamatan berbeda di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. Termasuk pohon tumbang di dua kecamatan berbeda, yakni Kecamatan Pademawu dan Tlanakan.

“Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang menyebabkan beberapa lokasi terdampak, termasuk beberapa pohon tumbang di antaranya di Desa Jarin 3 pohon, Larangan tokol 2 pohon,” kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pamekasan, Budi Cahyono.

Sementara puluhan rumah yang terdampak angin kencang juga tersebar di beberapa desa. “Berdasar data sementara, tercatat 21 rumah di empat desa mengalami kerusakan, termasuk satu bangunan bengkel, kubah masjid, pohon tumbang hingga tower radio IAIN Madura,” ungkapnya.

“Jadi jumlah tersebut masih sementara berdasar data yang kami kumpulkan, sembilan rumah belum diverifikasi karena belum ada data resmi. Seperti di Desa Baddurih, Buddih, Jarin, Pegangan (Pademawu), serta Larangan Tokol (Tlanakan),” jelasnya.

Namun pihaknya menegaskan kejadian tersebut bukan puting beliung seperti yang beredar dan menjadi konsumsi publik. “Prinsipnya tidak ada angin puting beliung terjadi bersamaan dengan hujan, terjadi saat sore hari apalagi cuaca hujan,” tegasnya.

“Untuk kerugian kami belum bisa memastikan, Insya Allah, besok (5/2/2019) pagi kami update lagi,” pungkas pria yang akrab disapa Budi ini. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar