Peristiwa

Tongkang Batu Bara Terdampar, Baunya Bikin Pusing Warga

Tuban (beritajatim.com) – Sebuah kapal tongkang yang membawa muatan Batu Bara sudah lebih dari tiga minggu terakhir ini terdampar di kawasan pantai Desa Temaji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban akibat diterjang gelombang tinggi, Selasa (19/2/2019).

Kondisi tongkang yang bermuatan batu bara itu menimbulkan bau seperti gas yang sangat menyengat. Hal bau menyengat dari batu bara saat terkena panas itu sampai hingga pemukiman warga dan membuat warga pusing.

“Sudah lama kapal tongkang batu bara ini terdampar di sini. Tapi masih belum bisa dievakuasi,” terang Supriyanto, Ketua RT Dusun Glagah, Desa Temaji, Kecamatan Jenu, Tuban.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, bau menyengat dari batu bara yang diangkut kapal tongkang itu sudah setiap hari dirasakan warga Dusun Glagah, Desa Temaji itu. Pasalnya, lokasi kapal yang terdampar itu sangat terbilang dekat dengan pemukiman warga itu.

“Kalau di Dusun Glagah ini bau batu bara yang sangat menyengat itu ya hampir setiap hari. Karena memang dekat,” tambah Supriyanto.

Sejumlah warga mengaku sangat terganggu dengan adanya bau menyengat yang berasal dari batu bara tersebut. Bahkan, sebagian warga ada yang sering mengalami pusing-pusing lantaran mencium bau menyengat itu.

“Memang baunya itu sangat menyengat. Warga banyak yang sering merasa pusing, ada yang batuk-batuk dan sesak nafas,” ungkap Muhlisin, salah satu tokoh pemuda Desa Temaji, Kecamatan Jenu, Tuban.

Baca Juga:

    Warga Desa Temaji, khususnya Dusun Glagah yang dekat dengan pantai itu berharap supaya kapal tongkang Batu Bara itu segera bisa dievakuasi. Sehingga tidak ada lagi bau menyegat yang meresahkan warga desa tersebut.

    “Harapanya ini supaya segera dipindahkan dari kawasan pantai Desa Temaji ini, biar baunya tidak menganggu warga. Selain itu, supaya ada kompensasi bagi warga yang terdampak akibat bau itu,” papar Muhlisin.

    Sementara itu, kapal tongkang yang membawa Batu Bara itu terdampar sejak sekitar beberapa minggu lalu. Belum diketahui secara pasti kapal tongkang yang terdampar di pantai itu milik perusahaan apa.[mut/ted]

    Apa Reaksi Anda?

    Komentar