Peristiwa

Tingkatkan Profesionalisme, TNI AU Gelar Mission Oriented Training


Magetan (beritajatim.com)
– Langit di Madiun, Magetan dan Ponorogo hari ini berlalu lalang pesawat tempur dan helikopter milik TNI. Lalu lalang alutsista tersebut merupakan bagian latihan gabungan Mission Oriented Training (MOT).

”MOT merupakan latihan gabungan yang memadukan dari seluruh fase latihan-latihan sebelumnya ditiap-tiap satuan. Sehingga terbentuk sebuah kekuatan besar dalam melaksanakan operasi udara,” Kata Kepala Dinas Operasi dan Latihan TNI AU (Kadisopslatau) Marsekal Pertama TNI Kusworo, usai pembukaan latihan gabungan MOT Lanud Iswahjudi, Selasa (9/7/2019).

Kadisoplatau mengungkapkan latihan gabungan MOT dimaksudkan untuk memberikan bekal pemahaman dan pengalaman serta meningkatkan kemampuan dalam bekerja sama. Antara penerbang yang mengoperasikan alutsista dengan flatform yang berbeda-beda, untuk secara terpadu melaksanakan operasi udara yang memiliki kompleksitas tinggi. Sehingga para penerbang tempur bisa memahami berbagai macam konsiderasi, situasi, dan ancaman. Serta mengetahui ketersediaan aset untuk merencanakan dan melaksanakan misi-misi pertempuran dalam operasi udara.

”Peningkatan kemampuan dan kerjasama para penerbang dengan platform yang berbeda, diantaranya Ground Control Interception (GCI) maupun Ground Forward Air Controller (GFAC)” ungkap Kadisopslatau.

Sementara Komandan Lanud Iswahjudi Marsma TNI Widyargo Ikoputra menambahkan bahwa target dalam MOT adalah mencapai profesionalisme penerbang tempur dengan disesuaikan perkembangan alutsista. Selain itu mampu menggunakan persenjataan yang berada di pesawat. Selain juga melatih kerja sama antar pesawat dalam skenario besar.  

“Latihan gabungan ini akan melibatkan 7 Skadron Udara diantara 6 Skadron Tempur, satu Skadron Hely,” kata Marsma Iko.

Alutsista yang akan digunakan  dalam latihan yang direncanakan akan berlangsung selama 4 hari  tersebut. Melibatkan pesawat tempur Sukhoi 27/30 Flanker Skadron Udara 11, F-16 C/D Fighting Falcon Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 16, T50i Golden Eagle Skadron Udara 15, Hawk 100/200 Skadron Udara  1  dan Skadron Udara 12, dan Skadron Udara 6 SA -330/NAS 332. Selain itu juga dari satuan dijajaran Radar seluruh Indonesia, serta Pasukan Khas TNI AU.

 ”Latihan yang dimulai hari ini, rencananya akan berakhir pada hari Jumat (12/7/2019) nanti,” pungkasnya.(end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar