Peristiwa

Tim NU Tak Melihat Hilal, Lebaran Hari Rabu, 5 Juni 2019

Foto ilustrasi

Malang (beritajatim.com) – Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) dalam rangka penentuan 1 Syawal 1440 H pada Senin (3/6/2019) telah melakukan observasi hilal di lapangan. Observasi oleh Tim Rukyatul Hilal Lembaga Falakiyah PBNU.

Hasilnya, tim PBNU tidak dapat melihat hilal. Dengan demikian, PBNU memutuskan puasa ramadan pada tahun ini hingga Selasa, (4/5/2019) besok. Atau puasa tahun ini berjalan 30 hari.

“PBNU telah melakukan rukyatul hilal bil fi’li dibeberapa lokasi. Atas dasar istikmal tersebut dan berdasar pendapat madzahibul arba’ah (4 imam madzab), maka Nahdlatul Ulama mengikhbarkan (memberitahukan) bahwa 1 Syawal 1440 H (Hari Raya Idul Fitri) jatuh pada hari Rabu, tanggal 5 Juni 2019,” kata Ketua PBNU, Robikin Emhas.

Robikin pun, mewakili PBNU, berharap amal ibadah semua umat di bulan Ramadan diterima oleh Sang Pencipta. Serta seluruh amalan selama bulan Ramadan dapat diteruskan pada bulan-bulan berikutnya.

“Selamat menutup bulan Ramadan dengan amal ibadah terbaik dan selamat menyongsong hari raya Idul Fitri 1440 H. Mohon maaf lahir-batin atas segala salah dan khilaf,” tandas alumni Universitas Merdeka Malang itu. [luc/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar