Peristiwa

Terkait Video Viral, Bawaslu Banyuwangi Akan Datangkan Ahli Bahasa

Banyuwangi (beritajatim.com) – Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyuwangi akan mendatangkan tim ahli bahasa untuk mengetahui konten dalam video viral Ustaz Supriyanto. Selain itu, juga untuk mengetahui dalam video tersebut terdapat unsur pelanggaran yang disangkakan.

“Selanjutnya, Bawaslu menjadwalkan untuk memintai keterangan ahli. Ahli yang dihadirkan dari Universitas Jember,”

“Biar ahli bahasa yang menentukan apakah ucapan ustaz bernada kampanye atau tidak. Itu yang nanti kita jadikan dasar untuk menentukan kasusnya memenuhi unsur pidana pemilu atau tidak,” kata Komisioner Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Banyuwangi, Anang Lukman Efendi, Senin (18/3/2019).

Sebelumnya, Bawaslu Banyuwangi mengundang Ustaz Supriyanto sebagai saksi atas video viral yang melibatkan dirinya dalam sebuah masjid di Desa Kalibaru Kulon, Kecamatan Kalibaru beberapa hari lalu.

“Hari ini pemanggilan terlapor dan juga saksi. Jadi ini adalah klarifikasi dari pihak terkait, tentunya ini melihat apakah dalam video tersebut nantinya ada unsur kampanye,”

“Dari terlapor maupun saksi mengakui jika video itu benar adanya,” katanya.

Selain mengundang saksi terlapor, Bawaslu Banyuwangi juga menghadirkan saksi lain yakni Iwan. Dia merupakan ketua rombongan jamaah yang akan melakukan kampanye di sekitar pasar Kecamatan Kalibaru.

“Jadi, sebelum keliling pasar mereka singgah di masjid untuk Salat Dzuhur,”

“Supaya para simpatisan semangat ketika keliling pasar, Ustaz Supriyanto, diminta ceramah. Akhirnya peristiwa itu viral di media sosial,” ucap Anang.

Sejauh ini, Bawaslu Banyuwangi telah mengundang 4 saksi dalam kasus video viral di masjid. Di antaranya, saksi pelapor Iskandar Zulkarnaen dan saksi lainnya Imam Suherlan. Undangan kedua, terlapor Ustaz Supriyanto dan Iwan. (rin/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar