Peristiwa

Tangkal Hoax, Fandi Utomo Ajak Semua Pihak Kedepankan Kejujuran

Fandi Utomo saat bertemu warga di Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Saat ini, jelang Pemilu 2019, hoax atau berita bohong tengah marak penyebarannya. Baik melalui sosial media maupun media lainnya.

Kondisi itu menimbulkan keprihatinan dari banyak pihak. Salah satunya, Caleg DPR RI asal PKB untuk Dapil Jatim 1 Surabaya-Sidoarjo dengan nomor urut 3 Ir. Fandi Utomo.

“Hoax atau berita bohong ini meresahkan. Terlebih lagi di tahun politik seperti sekarang. Bisa meresahkan masyarakat dan juga menyesatkan,” ujar Fandi Utomo, Jumat (5/3/2019).

Lebih lanjut, mantan dosen ITS Surabaya ini juga melihat berita hoax atau berita bohong dapat memecah belah masyarakat. “Efeknya bisa sampai ke akar rumput. Masyarakat bisa terpecah. Nggak bisa dibiarkan berlarut,” tegasnya.

Untuk itu, Fandi Utomo meminta agar semua pihak mengedepankan kejujuran dalam setiap tindakan yang mereka lakukan. “Semua pihak harus jujur. Jujur dalam tindakan maupun pikiran,” ujarnya.

“Kejujuran ini adalah salah satu kunci dasar untuk bisa melawan hoax yang menyebarluas. Kalau semua pihak jujur, maka hoax itu sendiri tidak akan ada,” tambah Fandi Utomo.

Bagi Fandi Utomo, semua pihak memikul tanggung jawab yang sama untuk menjaga kondusifitas selama gelaran Pemilu 2019. “Jadi ya itu tadi salah satu kuncinya, jujur,” pungkasnya.[ifw/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar