Peristiwa

Tanah Longsor, BPBD Pamekasan Salahkan Hujan

Pamekasan (beritajatim.com) – Struktur tanah di wilayah Ponjuk, mengalami longsor dan menutup sekaligus mengganggu akses jalur dari menuju Pamekasan dan Pakong akibat tingginya curah hujan, Minggu (7/4/2019).

Tingginya curah hujan menjadi salah satu penyebab terjadinya longsor yang memang berada tepat di kaki perbukitan. “Longsor ini terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi,” kata Supervisor BPBD Pamekasan, Budi Cahyono.

Selain itu, faktor tanah di lokasi kejadian juga menjadi salah satu penyebab lainnya yang mengakibatkan material tanah menutupi akses jalan raya. “Selain intensitas hujan tinggi, juga ditambah dengan struktur tanah yang labil,” ungkapnya.

Dari itu, pihaknya bersama jajaran petugas dari Tangap Bencana (Tagana) Pamekasan bersama tim UPT Bina Marga Provinsi, melakukan pembersihan material longsor di Desa Bulangan Haji, Pagantenan, Pamekasan.

“Saat ini proses pembersihan material longsor sedang dikerjakan, tapi arus lalu lintas sudah mulai lancar sekalipun tersendat. Mudah-mudahan segera selesai agar kembali lancar,” jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga berharap kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap berbagai bencana alam. “Kami tetap mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap bencana, termasuk para pengendara yang melintas di lokasi bencana,” harapnya. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar