Peristiwa

Sutopo Purwo Nugroho, Sosok Sederhana di Mata Ketua FPBI Bojonegoro

Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho,. Foto/dok

Bojonegoro (beritajatim.com) – Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia, di Guangzhou, China, sekitar pukul 01.00 WIB, Minggu (7/7/2019). Sutopo sejak 2017 lalu telah didiagnosa kanker paru-paru.

Ketua Forum Peduli Bencana Indonesia (FPBI) Kabupaten Bojonegoro, Nurcholish mengatakan, sosok Sutopo merupakan salah satu putra terbaik dalam memberikan dedikasinya kepada negara. Bahkan dalam kondisi sakit, dia masih update informasi agar bisa memberi kabar kepada masyarakat.

“Kami sebagai relawan yang konsen di bidang penanggulangan bencana, tentunya turut berduka cita atas berpulangnya ke rahmatullah Bapak Sutopo Purwo Nugroho,” ungkapnya, Minggu (7/7/2019).

Nurcholish menegaskan, Sutopo merupakan salah satu putra terbaik bangsa ini. Sebagai Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tentu perannya sangat penting. Selain itu, sosoknya selama menjabat juga sangat sederhana dan terbuka.

“Semua analisis dan informasi tentang bencana yang mencakup siklus bencana, sumber yang bisa dipertanggungjawabkan berasal dari beliau,” katanya.

Fotografer salah satu media lokal di Bojonegoro itu mengaku dua kali bertemu secara langsung dengan sosok Sutopo. Pertemuan tersebut pertama saat diklat di Jawa Barat. Dan pertemuan kedua, lanjut dia, saat bersama personil FPBI rapat santai di Jakarta.

“Beliau itu orangnya terbuka masalah informasi dengan siapa pun. Bukan hanya seperti seorang pejabat. Bahkan, dengan pedagang pasar, tukang becak ya biasa obrolannya. Apalagi dengan awak media, sangat mudah ditemui dan dikonfirmasi,” pungkasnya. [lus/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar