Peristiwa

Sumenep Rawan Longsor, BPBD Minta Warga Empat Kecamatan Waspada

Sumenep (beritajatim.com) – Empat kecamatan di Kabupaten Sumenep termasuk dalam kawasan rawan longsor. Karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat meminta masyarakat di empat kecamatan tersebut untuk selalu waspada saat musim penghujan.

“Secara geografis, di Sumenep itu banyak perbukitan dan sungai kecil. Sehingga potensi terjadinya bencana longsor cukup tinggi. Karena bencana longsor ini biasanya terjadi di daerah perbukitan dan bantaran sungai,” kata Kepala BPBD Sumenep R. Abd. Rahman Riadi, Kamis (23/01/2020).

Berdasarkan data BPBD, empat Kecamatan yang termasuk daerah rawan longsor adalah Kecamatan Ganding, Kecamatan Pragaan, Kecamatan Rubaru, dan Kecamatan Guluk-Guluk.

“Tanah longsor bisa terjadi akibat hujan deras dengan intensitas waktu yang cukup lama. Jadi bagi warga di empat kecamatan itu, kami minta untuk waspada selama musim penghujan,” ujar Rahman Riadi.

Ia menjelaskan, selama musim penghujan ini, di Kecamatan Rubaru sudah beberapa kali terjadi bencana longsor. “Tapi Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam musibah longsor itu,” ucapnya. (tem/ted)

 

Apa Reaksi Anda?

Komentar