Peristiwa

Sosok Ini Disebut Jadi Juru Damai Risma-DPRD Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Bukan rahasia lagi, di awal masa jabatannya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memiliki konflik berkepanjangan dengan DPRD Kota Surabaya yang menjadi mitra kerjanya. Saat ini, pertikaian itu layak dibilang tak ada lagi.

Pakar komunikasi politik asal UNAIR, Suko Widodo, berpendapat jika hilangnya konflik itu berkat tangan dingin Sekkota Surabaya Hendro Gunawan. Hendro lah yang dianggap mampu membuat jembatan untuk mengurai perbedaan itu.

“Salah satu kemampuan Pak Hendro yang paling mencolok ya itu. Ia mampu menjadi jembatan ketika konflik perbedaan antara Wali Kota dengan DPRD waktu itu boleh dibilang begitu parah,” ujar Suko, Kamis (5/9/2019).

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa SW ini turut menilai jika sebagai Sekkota pun Hendro mampu menjaga ritme kerja ASN di jajaran Pemkot Surabaya. “Beliau mampu mengkonsolidasikan para ASN,” jelasnya.

“Beliau birokrat senior di Pemkot dan berpengalaman. Sangat memahami detail teknis pengelolaan birokrasi kota. Beliau juga lah salah satu pilar bagaimana pembangunan di Kota Surabaya bisa berjalan melalui penerjemahan visi misi Wali Kota,” pungkas Suko.

Sebagai informasi, di Bursa Pilwali Surabaya 2020, nama Hendro Gunawan sangat mencuri perhatian. Terlebih lagi dari faksi birokrat. Ia dinilai layak untuk menjadi sosok Wakil Wali Kota Surabaya ke depan.[ifw/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar