Peristiwa

Siswa SD Meninggal Tertabrak Truk di Jalan Raya Roomo Manyar Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Naas dialami oleh Muhammad Rubbanu Adilurrahman (12) siswa Sekolah Dasar (SD) yang beralamat di Jalan Bronggalan 2D/73 Kelurahan Pacar Kembang, Kecamatan Tambaksari, Surabaya.

Banu nama panggilannya sehari-hari mengalami kecelakaan lalu-lintas, dan meninggal di tempat kejadian perkara (TKP), di Jalan Raya Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Gresik. Korban terlindas ban belakang truk gandeng setelah motor Yamaha Yupiter nopol L 2572 OF yang dikendarai kakaknya Binta Utammiyah Rizkiyah (15), oleng tersenggol truk gandeng.

Berdasarkan data yang dihimpun, kecelakaan lalu lintas itu berawal korban bersama kakaknya mengendarai motor Yamaha Yupiter mengenakan helm tanpa dilengkapi SIM C, melintas dari arah timur ke barah dengan kecepatan sedang.

Saat memasuki Jalan Raya Desa Roomo Manyar, Gresik, korban yang saat itu dibonceng, bermaksud mendahului truk gandeng nopol L 9249 GJ yang dikemudikan Anam (56) warga asal Desa Salen, Kecamatan Bangsal, Mojokerto, di sisi sebelah kiri. Namun, saat hendak mendahului kurang memperhatikan arah depan.

Binta Utammiyah Rizkiyah tidak bisa menguasai setir dengan wajar. Sehingga, oleng kemudian terjatuh. Sementara adiknya Muhammad Rubbanu Adilurrahman, terjatuh ke kanan lalu membentur roda belakang. Selanjutnya, korban terlindas lalu meninggal di TKP.

Kanit Laka Satlantas Polres Gresik Ipda Yossy Eka Prasetya menuturkan, penyebab laka ini akibat faktor human error karena saat mendahului dari sisi sebelah kiri tidak memperhatikan arah di depannya. Sehingga, tidak bisa menguasai kemudi dengan wajar. Ditambah pengendara motor belum cukup umur karena tidak memiliki SIM C.

“Kecelakaan seperti ini kerap kali terjadi. Kami menghimbau kepada orang tua agar tidak gampang mengizinkan menggunakan kendaraan bermotor kalau belum cukup umur,” tuturnya, Sabtu (22/06/2019).

Ia menambahkan, terkait dengan kejadian ini jenazah korban sudah dievakuasi ke RSUD Ibnu Sina. Pihaknya juga mendata identitas korban serta mengamankan motor untuk pemeriksaan selanjutnya.

“Identitas korban sudah kami data, sementara sopir truk gandeng juga sudah kami mintai keterangan,” tambahnya. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar