Peristiwa

Seorang Ibu Melahirkan di Tepi Hutan, Begini Kondisi Bayinya

Bojonegoro (beritajatim.com) – Seorang ibu melahirkan dengan selamat di jalan kawasan hutan Desa Betek, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Jumat (6/12/2019) sekitar pukul 07.30 WIB.

Lastri Sulistianingsih (34) warga Dusun Puguhrejo, Desa/Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro itu melahirkan tanpa bantuan medis. Saat itu dia hendak menuju ke puskesmas setempat.

Awalnya, Lastri yang usia kandungannya delapan bulan itu merasakan kontraksi. Dia kemudian meminta suaminya, Yuliono, untuk mengantarkan ke puskesmas dengan dibonceng sepeda motor. Namun, ditengah perjalanan dia tidak kuat menahan kontraksi. Sehingga meminta suaminya berhenti.

Hanya selang beberapa menit di tempat pemberhentian, Lastri menjalani proses persalinan dengan sekadarnya. “Dari rumah sudah merasakan mau melahirkan, kemudian mau dibawa ke puskesmas. Di tengah jalan sudah melahirkan,” ujar Kepala Desa Gondang, Agus Riyanto.

Jarak rumah Lastri dengan Puskesmas Gondang sekitar lima kilometer. Namun, dia baru berjalan sekitar dua kilometer sudah tidak tahan dan melahirkan. Saat melahirkan di tepi jalan, Kanit Binmas Polsek Gondang Ipda BJ Handoko, melintas.

Kemudian anggota kepolisian yang sedang bertugas itu menolong proses persalinan dengan caranya sendiri. Setelah bayi lahir, dia kemudian meminta tolong kepada warga yang melintas untuk menghubungi petugas puskesmas.

Lastri melahirkan secara prematur. Sesuai dengan Hari Perkiraan Lahir (HPL) seharusnya 26 Januari 2020. “Bayi lahir secara prematur dengan jenis kelamin laki-laki seberat 1,6 kilogram,” ujar Bidan Puskesmas Gondang, Endah Karyani.

Kini, Lastri dirawat di Puskesmas Gondang. Sedangkan bayinya harus mendapat perawatan khusus dan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro. “Besok kemungkinan ibunya sudah bisa pulang,” terang Endah. [lus/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar