Peristiwa

Sempat Terjebak, 4 Pendaki Selamat dari Kebakaran Gunung Ranti Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Empat pendaki yang sempat dikabarkan terjebak di Gunung Ranti saat kebakaran berhasil ditemukan. Mereka berhasil selamat setelah Tim SAR Gabungan menemukannya pada ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut, sekitar pukul 10.24 WIB, Minggu (20/10/2019).

Pertama, tim SAR menemukan dua orang pendaki, yakni Lisa Milyan (19) asal Kabupaten Jember dan Thayib Hidayat (20) dari Malang. Kemudian disusul dua orang lainnya juga berhasil ditemukan dalam kondisi selamat. Mereka adalah Azzamylah (20) dan Fajar (20). Keduanya berasal dari Kabupaten Jember.

“Kondisi tadi malam tidak memungkinkan untuk melakukan pencarian, karena angin kencang. Akhirnya pencarian di mulai pukul 06.00 WIB, ke lokasi yang diduga tempat berlindung keempat pendaki tersebut,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi Eka Muharam, Minggu (20/10/2019).

Keempat orang pendaki tersebut diduga merupakan dua pasangan sejoli yang tengah berwisata akhir pekan di Gunung Ranti. Saat kebakaran berlangsung, mereka masih berada di atas gunung yang bersebelahan dengan Gunung Kawah Ijen itu. “Mereka berhasil menyelamatkan diri dengan lari menuju puncak,” ungkap Eka.

Usai berhasil selamat, keempat pemuda itu kemudian dievakuasi menuju ke bawah. Tim Medis akan memberikan penanganan kesehatan, untuk memastikan keempat pendaki tersebut tidak mengalami gangguan kesehatan akibat kebakaran hutan.

“Tidak sampai dibawa ke Rumah Sakit. Paling cuma dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat. Karena saat ditemukan, secara fisik keadaan keempatnya dalam kondisi sehat dan perbekalan cukup,” pungkasnya. [rin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar