Peristiwa

Selamatan Giling Tebu, Ini Harapan Wabup Malang

Malang (beritajatim.com) – Selamatan Buka Giling Tebu di Pabrik Gula (PG) Kebon Agung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, digelar Sabtu (27/4/2019).

Hadir membuka acara selamatan ini Wakil Bupati Malang sekaligus Plt Bupati Malang, HM Sanusi. Bertempat di Gedung PG Kebon Agung, turut mendampingi Sanusi yakni Komisaris PT. Kebon Agung, Edi Siswanto, Direktur Utama PT. Kebon Agung, Sudibyo beserta jajaran Direksi PT. Kebon Agung, Ketua SPSI Unit Kerja PG. Kebon Agung, Gatot Sugiyanto, Jajaran Forkopimda, Kepala OPD terkait, Camat beserta Muspika Pakisaji serta Keluarga Besar PT. Kebon Agung.

Kata Sanusi dalam sambutanya, acara ini selain untuk ajang silaturahmi juga diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatan lahan baik dari sisi teknik dan penguasaan pengetahuan tentang pertanian tebu. Supaya Kabupaten Malang, bisa sebagai salah satu lumbung gula yang dapat memberikan kontribusi baik secara regional maupun nasional.

“Untuk para petani tebu diharapkan mengetahui dan memahami adanya perubahan iklim. Karena saat ini, perubahan iklim yang terjadi berdampak pada cuaca yang tidak pasti yang akhirnya berdampak pada rendemen dan kualitas tebu yang dihasilkan. Semakin tinggi rendemennya, tentunya semakin tinggi pula produksi gula yang dihasilkan,” ungkap Sanusi.

Sanusi menjelaskan, petani harus dibekali dengan ilmu pengetahuan tentang cara pemeliharaan tanaman tebu yang baik, pengendalian gulma dan hama, melakukan pengamatan lingkungan sekitar kebun, mengukur suhu udara, serta menganalisis kondisi tanah.

“Dengan begitu, petani tebu di Kabupaten Malang yang selama ini menjadi rekan kerja penyuplai tebu ke PG Kebon Agung terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas internal, yang diikuti dengan peningkatan partisipasi aktif masyarakat,” jelasnya.

Sanusi melanjutkan, keberhasilan usaha sangat ditentukan oleh kompetensi SDM dan dukungan lingkungan masyarakat sekitar.

“Diharapkan kerjasama yang baik ini kedepannya dapat ditingkatkan, sehingga kontribusi yang diberikan perusahaan kepada masyarakat, daerah, dan negara juga makin besar. Baik melalui pajak, retribusi, Corporate Social Responsibility (CSR), Bina Lingkungan, dan kemitraan, termasuk kontribusi dalam menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat dalam menumbuhkan ekonomi masyarakat. Semoga awal Mei nanti proses giling dapat berjalan dengan lancar dan hasil produksi di tahun ini dapat mencapai target,” pungkasnya. (yog/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar