Peristiwa

Sayap ‘Speilway’ Waduk Pacal Bojonegoro Longsor

Bojonegoro (beritajatim.com) – Kondisi sayap sebelah kanan speilway Waduk Pacal di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro ambrol. Kondisi tersebut membahayakan sehingga dilakukan perbaikan sementara menggunakan jumbo bag.

Staf UPT PSDA Wilayah Sungai Bengawan Solo Di Bojonegoro, Budi Endro Prasetio mengatakan, kerusakan speilway tersebut sudah menjadi perhatian PPK OP IV BBWS di Bojonegoro. Pembangunan sementara itu dilakukan untuk mengantisipasi kerusakan lagi.

“Untuk pembangunan permanen sudah diusulkan pada Agustus 2019 untuk pekerjaan sesuai dengan hasil tinjauan yang dilakukan pada 6 Maret lalu,” ujarnya, Minggu (10/3/2019).

Sebelumnya BBWS juga sudah membuat sodetan untuk mengalirkan air Waduk Pacal melalui saluran pelimpas pada 2018. Saluran pelimpas dilakukan untuk mengurangi debit air yang terus bertambah sehingga tidak berbahaya bagi bangunan waduk.

Kapasitas air di Waduk Pacal bisa mencapai lebih dari 30 juta meter kubik. Apalagi, musim hujan seperti saat ini tampungan air Waduk Pacal bisa terus bertambah. [lus/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar