Peristiwa

Satu Pasien PDP Covid-19 Asal Gresik Meninggal Dunia

Dirut RSUD Ibnu Sina Gresik dr Endang Puspitowati Sp.THT (kiri) dan Sekretaris Satgas Pencegahan Covid-19 Gresik, drg Saifuddin Ghozali (kanan) saat Memberikan Keterangan kepada Wartawan

Gresik (beritajatim.com) – Satu pasien Covid-19 yang masuk ke dalam kategori positif Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Gresik meninggal dunia. Meninggalnya pasien PDP itu, dibenarkan oleh Sekretaris Satgas Pencegahan Covid-19 yang juga Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik, drg Saifuddin Ghozali kepada wartawan, Kamis (26/03/2020).

Saifuddin Ghozali menjelaskan, pasien PDP yang meninggal itu menghembuskan nafas terakhir dini hari tadi. Pasien tersebut masuk dirawat di RSUD Ibnu Sina Gresik sejak 21 Maret 2020.
“Sebelum kami tetapkan sebagai PDP. Pasien yang bersangkutan diketahui habis melakukan perjalanan dari Jakarta,” paparnya.

Ia menambahkan, terkait dengan pemakaman pasien tersebut sudah dilakukan sesuai standar operasional (SOP) di salah satu tempat pemakaman di Gresik. “Sesuai laporan yang masuk pasien yang bersangkutan masuk Sabtu kemarin (21/3). Hari Seninnya, kami lakukan tes swab lalu hasilnya dikirim laboratorium Balitbangkes Surabaya,” imbuhnya.

Kepala Dinkes Gresik itu, masih merahasiakan nama pasien serta umur pasien yang meninggal. Menurutnya, yang pasti usianya masih produktif. Sedangkan untuk mencegah mata rantai agar penyebaran virus Covid-19 tidak merebak. Seluruh orang yang pernah kontak pasien ini dilakukan pelacakan untuk memantau kondisi, dan menglokalisir tempat tinggalnya. “Kami segera lakukan pelacakan yang pernah kontak dengan pasien PDP ini,” ungkapnya.

Sementara, Kordinator Kesehatan Satgas Covid-19 yang juga Dirut RSUD Ibnu Sina Gresik, dr Endang Puspitowati Sp THT (K) mengatakan, saat datang ke IGD pasien tersebut peneumonia-nya sudah berat. “Kondisinya sudah sesak nafas,” ujarnya.

Endang Puspitowati menghimbau terkait dengan pemakaman. Masyarakat tak usah kuatir. Pasalnya, mobil yang mengangkut jenazah sudah disemprot disinfektan dan pemakaman sudah sesuai prosedur SOP. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar