Peristiwa

SAR Berkuda Amankan Pantai Selatan

Jember (beritajatim.com) – Badan SAR Nasional menururnkan tim patroli berkuda di Pantai Payangan, kawasan selatan Kabupaten Jember, Jawa Timur selama libur lebaran tahun ini.

Dua orang petugas berkuda itu berseragam oranye, membawa alat apung dan megafon berpatroli menyisir sepanjang pantai. “Mereka meminta pengunjung pantai tidak mandi di laut, serta mendekati dan mengajak secara persuasif jika masih ada pengunjung yang terlalu ke tengah bermain ombak,” kata Ketua Pos SAR Jember Asnawi Suroso, Minggu (9/6/2019).

Penggunaan tim berkuda ini lebih ramah lingkungan dan bersahabat. Mereka lebih mudah menyusuri pasir pantai untuk menghampiri pengunjung yang bermain air laut dan membahayakan diri sendiri.

Tim ini berpatroli untuk mencegah kecelakaan laut yang biasanya terjadi di lokasi wisata laut saat liburan. “Hal ini mengingat karakteriatik ombak laut selatan yang besar,” kata Asnawi.

Sejauh ini belum ada insiden kecelakaan laut di lokasi tersebut. Kendati jumlah wisatawan yang berkunjung di Pantai Payangan menunjukkan adanya peningkatan.

“Dalam patroli siaga SAR khusus Lebaran ini, tim SAR gabungan juga menyiagakan sejumlah peralatan SAR, diantaranya peralatan pertolongan korban kecelakaan air, peralatan medis, dan evakuasi darurat,” kata Asnawi. Siaga lebaran ini akan berjalan hingga 13 Juni. (wir/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar