Peristiwa

Sambari : Segera Bangun Jembatan, Agar Warga Mudah Saat Prosesi Pemakaman

Gresik (beritajatim.com)- Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, langsung merespon terkait viralnya video warga yang memakamkan warga yang meninggal sambil menyeberangi sungai Kali Lamong saat musim hujan.

Orang nomor satu di Gresik itu, sudah berkomunikasi dengan Camat Kedamean mengenai adanya warga Dusun Gorekan Lor, Desa Cermen, Kecamatan Kedamean, Gresik yang sangat dramatis saat hendak dimakamkan dengan menyeberangi sungai yang saat deras.

“Saya sudah memanggil pak camat setempat. Pemakaman seperti itu prosesnya sudah berjalan lama. Pada saat musim kemarau tidak ada masalah. Namun, saat musim hujan arus sungainya deras, dan kami prihatin padahal ada jalan alternatif lain,” ujarnya, Kamis (14/02/2018).

Sambari menjelaskan, sebagai solusinya pemda segera akan membangun jalan serta jembatan yang bisa dilalui kendaraan roda empat yang menghubungkan Kecamatan Kedamean dan Benjeng.

Sehingga, warga setempat tidak usah terlalu jauh menempuh jarak 1 hingga 2 kilometer.

“Saya menghimbau tolong warga jangan terlalu mengambil resiko tinggi. Peristiwa yang sudah terjadi menjadi masukan bagi pemda. Malahan terkait dengan kejadian ini kami sudah memerintahkan kepada Dinas PU untuk segera mencari solusinya,” paparnya.

Masih menurut Sambari, dirinya sudah mendapat informasi apakah membangun jembatan sudah menjadi solusi. Pasalnya, di dusun tersebut hanya dihuni 47 kepala keluarga (KK).

 

“Kalau solusi kami pemda akan membelikan tanah buat pemakaman umum. Sehingga, warga tidak usah menyeberang sungai saat musim hujan,” ungkapnya. (dny/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar