Peristiwa

Ribuan Jemaah Hadiri Muktamar YLBKI PP Baiturrohmah Malang

Malang (beritajatim.com) – Ribuan jemaah dan santri Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Yayasan Lembaga Bimbingan Kerohanian Islam (YLBKI) Pondok Pesantren (PP) Baiturrohmah, Malang dari berbagai daerah di Pulau Jawa memadati Ponpes Baiturrohmah di Jalan Wringinsongo No.40, Desa Sukoanyar, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Sabtu (16/11/2019) malam.

Mereka mengikuti kegiatan Muktamar ke-3, dan Haul ke-2 Syaikh KH. Muhammad Sholeh Hudi Muhyiddin, serta haul ke-33 Syaikh KH. Abdul Caiyyi Muhyiddin Al-Amin, yang dikemas dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Ribuan jamaah ini sudah memadati lokasi sejak Magrib. Mereka dengan khusyuk dan setia menunggu tausiah dari Habib Muhammad Luthfi Bin Yahya, dan DR. KH Syaiful Karim, yang datang sekitar pukul 20.45 WIB.

Dengan antusias, ribuan jemaah mendatangi lokasi dengan naik berbagai macam kendaraan baik roda dua ataupun roda empat, bahkan bus pariwisata.

Ketua Umum PP Baiturrohmah KH. Kholil Arpapi mengatakan, digelarnya Muktamar Ke-3 DPP YLBKI PP Baiturrohmah dalam peringatan Maulid Nabi SAW diharapkan dapat memajukan Jamiyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) NU Jawa Timur.

“Dengan terselenggaranya acara ini, diharapkan dapat memajukan JATMAN Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah, Nahdlatul ‘Ulama Jawa Timur,” ungkapnya saat membuka acara Haul dan Muktamar Ke-3 DPP YLBKI PP Baiturrohmah, Sabtu (16/11/2019) malam.

Jika ditelisik dalam sejarah berdirinya, lanjut Kholil, JATMAN ini semula merupakan organisasi yang dikenal dengan istilah JATM. Seiring berjalannya waktu, singkatan tersebut diubah menjadi JATMAN saat Muktamar NU pada tahun 1979 lalu.

”Semoga kegiatan semacam ini bisa terus memberikan kekuatan untuk membangun kerukunan, harmoni sekaligus teladan bagi daerah lainnya,” pungkasnya. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar