Peristiwa

Ribuan CPNS Tak Lolos Seleksi, Sanggahan Bermunculan

Ponorogo (beritajatim.com) – Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Ponorogo sudah mengumumkan hasil seleksi administrasi  CPNS pada Senin (16/12/2019) kemarin.

Tahun 2019 ini yang mengisi formulir sebanyak 9525 pelamar. Dari jumlah tersebut, yang melakukan submit ada 9285 orang. Nah, dari data 9285 orang tersebut, setelah diverifikasi yang memenuhi syarat (MS) ada 8139. Sedangkan yang tidak memenuhi syarat (TMS) tercatat ada 1146 orang.

”Jadi sementara yang bisa mengikuti tes Seleksi kompetensi dasar (SKD) sebanyak 8139 orang,” kata Kepala BKPPD Ponorogo Winarko Arief, Selasa (17/12/2019) siang.

Pak Win panggilan akrab Winarko Arief mengungkapkan ada beberapa hal yang menyebabkan pelamar menjadi TMS. Mulai dari upload dokumen yang kurang baik, ijazah tidak disertakan, atau mungkin transkrip nilai yang tidak terbaca.

Bahkan bisa juga karena spesifikasi ijazahnya tidak sesuai dengan yang dipersyaratkan. Untuk pelamar yang TMS, sanggahan diterima sejak tanggal 16 Desember pukul 12.00 hingga tanggal  19 Desember 2019 juga sampai pukul 12.00 Wib.

”Sanggahan hanya dapat dilakukan secara online di laman SSCN pada masing-masing akun peserta. Mulai Selasa kemarin sudah ada sekitar 200 sanggahan,” katanya.

Win menyebut sejak Senin kemarin diumumkan sudah banyak yang melakukan sanggahan. Pihaknya menunggu waktu 3 hari, setelah itu menjawab sanggahan-sanggahan yang masuk.

Namun, Winarko belum tahu, apakah sanggahan tersebut dijawab oleh BKN atau BKPPD Ponorogo, karena saat ini filenya dikunci dari pusat.

”Bisa jadi nanti juga dari kami yang salah atau sebaliknya,” katanya.

Jadi jika sanggahan ada yang diterima, bukan tidak mungkin yang semula  TMS bisa masuk ke MS. Kalau jawaban atas sanggahan sudah dilayangkan. Langkah selanjutnya tentunya akan melaksanakan tes SKD. Jadwal menurut rencananya kalau pusat mulai tanggal 27 Januari 2020.

”Untuk wilayah Jawa Timur kemungkinan mulai tanggal 8 Februari 2020,” pungkasnya.(End/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar