Peristiwa

Ratusan Rumah di Kabupaten Kediri Terendam Banjir

Kediri (beritajatim.com) – Akibat dua tanggul sungai jebol, ratusan rumah dari dua dusun di Kabupaten Kediri terendam banjir. Ada belasan orang warga dievakuasi ke area perkantoran untuk mengantisipasi jatuhnya korban.

Banjir setinggi 1 meter terjadi di dusun Tawangrejo Dan Dusun Bulurejo, Desa Papar, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri.

Air dari aliran Sungai Mejono Bangi dan Mejolegi, Kecamatan Plemahan merendam ratusan rumah warga, area persawahan dan jalan raya, setelah dua tanggul sungai jebol.

Bencana alam banjir ini terjadi, setelah turun hujan dengan intensitas tinggi selama dua hari terakhir tinggi. Akibatnya, dua tanggul sungai jebol karena tidak kuat menahan besarnya arus air sungai skunder. Sebanyak 14 orang warga dari 5 kepala keluarga (KK) dievakuasi petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat dari rumahnya ke Kantor PNPM Desa Papar.

Berdasarkan data BPBD, rumah warga yang terdampak banjir di Dusun Tawangrejo sebanyak 265 KK, sedangkan di Dusun Bulurejo 203 KK. Dari jumlah tersebut, 50 rumah dalam keadaan terendam air banjir.

“Dalam penanganan bencana banjir ini, kami memprioritaskan penyelamatan korban terlebih dahulu, kemudian melakukan pembenahan tanggul sungai yang jebol,” kata Windoko, Kepala URC BPBD Kabupaten Kediri.

BPBD Kabupaten Kediri kini telah mendirikan posko bencana banjir di desa papar sebagai tempat mengungsi para korban. Sementara it, karena hujan dengan intensitas rendah masih turun, warga diimbau supaya tetap waspada. [nng]

Apa Reaksi Anda?

Komentar