Peristiwa

Ratusan CJH Tuban Ikuti Pembekalan Manasik oleh Semen Indonesia

Tuban (beritajatim.com) – Sedikitnya sekitar 600 orang Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Tuban tahun 2019 mengikuti pembukaan pemantapan manasik haji yang di selenggarakan oleh PT Semen Indonesia, Senin (25/3/2019) malam, di gedung Graha Sandiya, komplek Perumdin Semen Gresik, Desa Bogorejo, Kecamatan Kota Tuban.

Kegiatan kali ini sekaligus tahap awal dalam pembekalan manasik haji bagi para CJH Tuban. “Bimbingan manasik haji seperti ini sudah kita lakukan setiap tahun. Manasik haji merupakan bagian dari CSR perusahaan di bidang Semen Indonesia Peduli,” terang Joko Sulistiyanto, Senior Vice President (SVP) of Production.

Tahap awal untuk bimbingan manasik haji itu adalah tentang hikmah haji dengan mendatangkan penceramah KH Ubaidillah Faqih, pengasuh Pondok Pesantren Langitan, Widang Tuban. Selanjutnya untuk tahap dua adalah tentang serba serbi haji yang akan berlangsung pada 29 Maret 2019.

“Pelaksanaan bimbingan manasik haji ini sudah sekitar 15 tahun lalu, awal-awal hanya diikuti 80 orang sampai 100 orang calon jamaah. Sekarang antusias calon jamaah sangat tinggi, dan hanya sebagian saja yang tidak bisa ikut,” tambahnya.

Tahapan bimbingan manasik haji itu selanjutnya akan dilaksanaka pada April mendatang. Para calon jamaah haji akan diberikan materi tentang thoharoh, salat jama’ dan qoshor. Kemudian, praktek haji tammatu buat CHJ akan dilaksanakan pada 14 April 2019.

“Acara ini juga sebagai upaya mendorong semangat employee valunteerism atau kesadaran personel karyawan untuk terlibat dalam upaya pemberdayaan masyarakat sekitar perusahaan melalui tim manasik haji. Semoga dengan bimbingan manasik haji ini dapat memberikan kelancaran dan kemudahan dalam menunaikan ibadah haji di tanah suci,” harap Joko Sulistiyanto yang membuka kegiatan itu.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut. Sehingga dengan adanya bimbingan itu akan mempermudah para CJH untuk mendapatkan pemahaman tentang haji.

“Manasik haji itu sangat penting dilakukan untuk para calon jamaah sebelum berangkat. Kami sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini yang sudah setiap tahun dilaksanakan,” ungkap Sahid, Kepala Kemenag Tuban yang hadir dalam pembukaan itu. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar