Peristiwa

PWI Peduli dan UY Jakarta Kerja Sama, Ini Targetnya

Ketua PWI Peduli Pusat M Nasir dan Rektor Universitas Yarsi Prof dr Fasli Jalal, Ph.D

Jakarta (beritajatim.com)–PWI Peduli, sayap sosial organisasi profesi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, menjajaki bekerja sama dengan Universitas Yarsi (UY), Jumat (23/8/2019).

Kedua belah pihak sepakat mendiskusikan lebih lanjut bentuk kerja sama di bidang kegiatan sosial itu.
Kesepakatan tersebut tercapai dalam pertemuan antara Ketua PWI Peduli Pusat M Nasir dan Rektor Universitas Yarsi Prof dr Fasli Jalal, Ph.D seusai acara pengenalan kehidupan kampus yang diikuti sekira 1.000 sivitas akademika UY, termasuk 900-an mahasiswa baru universitas yang telah meluluskan ribuan alumni di berbagai bidang, termasuk kedokteran itu.

“Kami senang sekali bisa bekerja sama dengan PWI Peduli untuk bergerak bersama dalam kegiatan sosial dan bantuan kemanusiaan,” kata Fasli Jalal

Mantan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan, pihaknya menyambut baik penjajakan kerja sama kegiatan sosial dan kemanusian antara PWI Peduli dan Universitas Yarsi. Menurut mantan Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) itu, PWI Peduli dan Universitas Yarsi memiliki kesamaan visi di bidang pengabdian masyarakat.

Karena itu, kata Fasli, kedua belah pihak sangat berpotensi bersinergi dalam menjalankan kegiatan sosial dan kemanusian untuk kemaslahatan orang banyak. Fasli memaparkan, kegiatan sosial yang bisa dikerjasamakan dengan PWI Peduli antara lain, operasi katarak, bibir sumbing, sosialisasi kesehatan kepada masyarakat, dan bantuan tanggap darurat pasca bencana alam.

M Nasir mengatakan, program kegiatan sosial Universitas Yarsi tidak jauh berbeda dengan program PWI Peduli. Selain memberi pelatihan bisnis usaha kecil dan menengah bagi keluarga wartawan dan masyarakat, PWI Peduli juga mengadakan pengibatan gratis kepada masyarakat, termasuk operasi katarak, bibir sumbing, dan sunatan massal.

“Keluarga wartawan yang memerlukan bantuan kesehatan, bisa dimasukkan kedalam layanan kesehatan gratis untuk masyarakat. Keluarga wartawan kan juga bagian dari masyarakat. Jadi tidak ada masalah dalam layanan kesehatan dan sosial ini,” kata M Nasir.

Dalam pertemuan yang berlangsung penuh kekeluargaan itu, PWI Peduli dan Universitas Yarsi merencanakan mewujudkan kerja sama perdana pada pertengahan September 2019. Kegiatan yang akan dilakukan antara lain operasi katarak, bibir sumbing, sunatan masal, dan sosialisasi kesehatan bagi ibu-ibu muda.

Lokasinya di dua tempat, yakni Kota Bengkulu dan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Kegiatan tersebut juga akan melibatkan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, dan Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Menurut M. Nasir, untuk melaksanakan kegiatan tersebut, PWI Peduli Pusat akan melibatkan PWI Peduli Rejang Lebong dan PWI Provinsi Bengkulu. Pelibatan PWI Peduli daerah tersebut penting karena merekalah yang tahu peta kesehatan masyarakat di wilayah itu. Selain itu, kegiatan tersebut juga akan melibatkan pula Dinas Kesehatan setempat. [air/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar