Peristiwa

Puting Beliung Sapu 3 Desa di Kediri, Belasan Rumah Rusak

Kediri (beritajatim.com) – Hujan deras disertai angin kencang menyapu wilayah Desa Klepek dan Pakis, Kecamatan Kunjang serta Desa Sidomulyo, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri. Akibat kejadian ini, belasan rumah warga rusak dan pepohonan tumbang.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Kediri, Randy Agatha mengatakan, peristiwa tersebut diawali dengan hujan deras yang turun. Kemudian angin kencang berlangsung kurang lebih 10 menit.

“Data yang kami dapatkan di lapangan, ada beberapa rumah warga yang mengalami kerusakan ringan, sedang dan berat. Rata-rata gentingnya terjatuh,” kata Randy Agatha, Senin (11/11/2019).

BPBD Kabupaten Kediri bersama Kepolisian, TNI dan dibantu warga langsung melakukan pembersihan. Tindakan tersebut utamanya dilakukan di jalan raya, agar arus lalu lintas kembali normal.

Dari data BPBD, ada sebelas rumah warga yang terdampak, diantaranya rumah, Zaenudin, Suraji, Miskan, Janji, Gimin,Kasani,Paeman, Eko Sinten, Warno dan Jumadi. Mereka adalah warga RT 18 RW 05 Dusun Banengan Desa Klepek Kecamatan Kunjang. Warga bersama petugas melakukan pembersihan usai hujan deras dan putting beliung.

“Kami pastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan kami langsung bergotong royong membersihkan bekas yang genteng yang hancur dan memperbaikinya bersama warga. Kami masih lakukan pendataan untuk rumah warga yang rusak. Hujan di Kediri bagian utara ini merupakan yang pertama kali di awal bulan Nopember ini,” jelasnya.

Rendi berharap banyak pada warga di Kabupaten Kediri untuk hati-hati menghadapi musim cuaca ektrem terlebih saat ini menjelang musim hujan tiba. Karenanya perlu ditingkatkan kewaspadaan agar musibah tidak menimpa warga. [nng/ted].

Apa Reaksi Anda?

Komentar