Peristiwa

Puting Beliung Bojonegoro, Berikut Daftar Kerusakannya

Bojonegoro (beritajatim.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro mendata, akibat hujan deras disertai angin kencang membuat sejumlah rumah, pohon penghijauan dan fasilitas umum mengalami kerusakan.

Hujan deras disertai angin kencang terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Hujan disertai angin kencang tersebut sebagian besar terjadi di wilayah kota. Akibatnya, 18 pohon penghijauan tumbang. Selain itu empat rumah di Jalan Mastrip rusak ringan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Petugas satu persatu melakukan evakuasi pohon tumbang. Proses penanganan beberapa pohon tumbang ada sinergi yang baik antara BPBD, DLH, Damkar, Polres, dan Kodim,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Bojonegoro Nurul Azizah, Sabtu (7/12/2019).

Sementara pohon tumbang itu, diantaranya terjadi di Jalan Panglima Sudirman, Untung Suropati, Jalan Trunojoyo, Jalan Mastrip, Jalan KH Agus Salim, Jalan KH Masyur, Jalan MH Thamrin Gg Mawar, dan Jalan MH Thamrin Gg Tegalluwung.

Sementara, kejadian serupa juga terjadi di Kecamatan Ngasem. Satu rumah milik Lasir, Warga Dusun Bandungrejo RT 16 RW 08 Desa Bandungrejo Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro tersambar petir. Akibat tersambar petir itu, atap rumah dan instalasi listrik alami kerusakan.

“Pada saat kejadian pemilik rumah bersama keluarga berada di teras rumah, kemudian saat gerimis mulai turun tiba-tiba terjadi petir dan menyambar rumah korban, sehingga atap dan instalasi listrik rumah korban mengalami kerusakan,” terang Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Umar Ghoni.

Di Kecamatan Kalitidu, angin puting beliung terjadi di tiga desa, yakni Desa Grebegan, Desa Sumengko dan Desa Witanngare. Sehingga sedikitnya ada 11 rumah warga yang mengalami kerusakan ringan. Satu orang mengalami luka-luka dan mendapat perawatan di puskesmas setempat.

“Rumah Mbah Loso, warga RT 02 / RW 01 rusak, yang bersangkutan juga mengalami luka ringan. Sudah dirawat di Puskesmas Kalitidu dan korban sudah langsung di perbolehkan pulang,” pungkasnya. [lus/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar