Peristiwa

Puncak Gunung Raung Terbakar Hebat

Foto/istimewa

Banyuwangi (beritajatim.com) – Gunung Raung di perbatasan tiga kabupaten, yakni Banyuwangi, Jember dan Bondowoso, Jumat (4/10/2019) terbakar. Kebakaran berada di puncak atau berjarak sekitar 10 kilometer dari pemukiman warga.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Eka Muharam mengkonfirmasi, informasi kebakaran hutan masuk pada sekitar pukul 17.00 WIB. Saat itu Pusat Pengendalian dan Operasi BPBD Banyuwangi hanya melakukan pemantauan.

“Kita lakukan pemantauan karena biasanya kebakaran di Gunung Raung ini kategori sulit untuk ditanggulangi. Selain medannya terjal, juga jauh dari sumber air yang bisa untuk melakukan pemadaman. Kalaupun dilakukan pemadaman manual itu sulit dan berbahaya,” kata Eka, Jumat (4/10/2019).

Hanya saja, pihaknya tetap melakukan langkah antisipatif agar pusat api tidak mendekat ke permukiman warga. Pasalnya, api terlihat membesar dari berbagai sisi gunung. “Awalnya informasi ada di Bondowoso, kemudian kabar terlihat di wilayah Banyuwangi. Tapi memang ada beberapa hot spot atau titik panas yang terpantau melalui satelit di sekitar gunung raung,” jelasnya.

Eka menambahkan, titik api jauh dari permukiman warga. Lahan yang terbakar merupakan ilalang. “Belum thu pasti penyebab kebakaran. Titik kebakaran terletak di sekitar antara camp 6,7 dan 8 jaraknya sekitar 2 kilo di atas, tapi camp 9 masih aman,” pungkasnya. [rin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar