Peristiwa

Puluhan Pelajar Tuban Ikuti Lomba Vlog Semen Indonesia

Tuban (beritajatim.com) – Sebanyak 87 Video Blogging atau Vlog yang merupakan hasil karya para pelajar tingkat SLTA di Kabupaten Tuban ikut dalam lomba Millenial Vlog yang di laksanakan oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk yang berkerja sama dengan Ronggolawe Pers Solidarity (RPS) Tuban.

Lomba Vlog khusus untuk pelajar SMA, SMK dan MA di Kabupaten Tuban itu dibuka sejak Oktober sampai November 2019. Selanjutnya, Rabu (18/12/2019), PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban menggelar penganugerahan juara lomba Milenial Vlog.

Pengumuman dan juga penyerahan hadiah untuk pada pelajar yang menjadi juara dalam lomba Vlog itu berlangsung di gedung Auditorium lantai dua PT Semen Indonesia, di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Acara dihadiri Sekda Tuban Budi Wiyana, pimpinan PT Semen Indonesia, Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur, Kepala Sekolah dan guru pendamping siswa peserta lomba.

“Lomba Milenial Vlog ini diperuntukkan bagi para siswa SMA sederajat di Kabupaten Tuban. Ini merupakan kerjasama Semen Indonesia dengan Ranggalawe Press Solidarity (RPS) atau perkumpulan wartawan yang bertugas di Bumi Wali,” ujar Khoirul Huda, Ketua RPS Tuban.

Sebelum digelar lomba ngevlog didahului dengan workshop literasi digital dan teknik pengambilan gambar serta editing video dan dilakukan di lima sekolah secara bergantian. Yakni SMAN 1 Tuban, SMKN 1 Tuban, SMAN 4 Tuban, SMAN 1 Kerek dan SMK Manbail Futuh Jenu dengan pesertanya siswa perwakilan SMA sederajat se-Kabupaten Tuban.

“Alhamdulillah untuk jumlah peserta yang ikut dalam Vlog ini sangat luar biasa, melebihi dari yang kita targetkan. Jumlah peserta sebanyak 190 pelajar dan untuk Vlog yang masuk ada 87 video,” tambahnya.

Dalam penyerahan hadiah untuk para pemenang lomba Vlog tersebut, Setiawan Prasetyo, Senior Manajer Public Relation and CSR PT Semen Indonesia mengapresiasi kegiatan Milenial Vlog Kontes tersebut. Pasalnya kegiatan tersebut dinilai bisa mendukung para kaum milenia untuk bisa berkarya.

“Terima kasih atas kerja keras dari RPS dan kerjasamanya, semoga tahun depan bisa ditingkatkan lagi. Lomba yang didahului dengan pelatihan itu sangat bagus, sebab para siswa dibekali dengan rambu-rambu bagaimana harus membuat vlog yang baik. Agar vlog yang dibuat sesuai dengan harapan dan tidak melanggar ketentuan,” terang Setiawan Prasetyo.

Sementara, Sekda Tuban Budi Wiyana, mengaku bangga dan mengapresiasi kegiatan ini, karena vlog perpaduan teknologi yang luar biasa sehingga bisa menarik perhatian. Sekda juga ingin meniru ada kegiatan dengan ide-ide baru dan cerdas, nukan hanya kegiatan yang monoton.

“Idenya ini luar biasa, karena video sangat menarik dan mudah difahami, jadi bisa menjadi media untuk informasi yang sangat potensial. Teknologi informasi seperti vlog ini manfaatnya sangat banyak. Kami berharap ada pembinaan dan pendampingan. Karena setelah kegiatan ini terjadi euforia ngevlog, jangan sampai vlog digunakan untuk yang negatif,” ungkap Budi Wiyana, Sekda Tuban.

Adapun untuk peserta yang menjadi juara 1 dalam lomba para pelajar itu merupakan kelompok dari SMA Negeri 2 Tuban, juara 2 pelajar dari SMA Negeri 5 Tuban, dan juara 3 adalah kelompok dari SMA Negeri 1 Tuban. Selain itu juga ada juara Vlog kategori Terinspirasi, Menghibur, Terunik dan kategori Vlog Terpopuler. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar