Peristiwa

Proyek Kantor Kecamatan Molor, Wabup Tuban Geram

Tuban (beritajatim.com) – Proyek pembangunan Kantor Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban mengalami keterlambatan dalam proses pengerjaannya. Seharusnya pembangunan tersebut selesai pada 21 Oktober 2019. Artinya, penyelesaian proyek tersebut sudah molor dua minggu.

Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein yang melakukan sidak (inspeksi mendadak) ke kantor tersebut pun geram. Pasalnya, Pemkab Tuban sudah beberapa kali mengingatkan kepada kontraktor untuk mengebut pengerjaan, namun hal itu tidak digubris.

Data yang dihimpun beritajatim.com, pembangunan kantor Kecamatan Semanding, itu menggunakan dana APBD Tuban tahun 2019 sebesar Rp 2.195.903.290 (Rp 2,1 miliar) dan tanggal kontrak sejak 25 April 2019. “Seharusnya ini sudah selesai. Tapi sampai sekarang kondisinya masih seperti ini. Apa mungkin ini bisa selesai dalam satu bulan?,” ujar Noor Nahar di lokasi proyek, Selasa (5/11/2019).

Pantauan di lapangan, kondisi pembangunan kantor kecamatan tersebut masih banyak mengalami kekurangan. Saat dilakukan sidak tersebut hanya ada beberapa pekerja yang melakukan aktivitas menggarap proyek dan seorang pengawas.

“Dari awal sudah kita ingatkan kontraktornya, tapi ngeyel. Kalau sudah seperti ini yang dirugikan kan masyarakat dan pemerintah, karena ini adalah untuk pelayanan masyarakat,” ujar Wabup menambahkan.

Pembangunan kantor Kecamatan Semanding berlantai dua dengan anggaran Rp 2,1 miliar tersebut dikerjakan PT Pandega Wreksa Wisesa. Hal itu sesuai yang tertera di papa proyek. Wabup meminta kepada pihak kontraktor untuk segera menyelesaikan proyek yang sudah molor tersebut.

“Tadi waktu saya tanya pengawasnya katanya janji akan selesai akhir November. Saat ini dendanya sudah berjalan, yakni Rp 2,1 juta setiap hari. Denda tersebut telah disesuaikan dengan nilai kontrak,” pungkasnya.

Belum ada konfirmasi dari pihak kontraktor apa yang menjadi penyebab keterlambatan proyek itu. Pasalnya, saat dilakukan sidak oleh Wakil Bupati Tuban, kontraktor tidak berada di lokasi. Yang ada hanya pengawas serta beberapa pekerja. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar