Peristiwa

Potongan Arca Berelief Kaki Ditemukan di Sawah di Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) – Warga Desa Sawuh Kecamatan Siman Ponorogo dikejutkan oleh penemuan potongan arca berelief kaki di sawah milik salah satu warga setempat. Arca tersebut ditemukan, saat warga menggali lahan sawah sedalam 30 cm. Selain arca juga ditemukan bongkahan batu dan batu bata kuno yang berukuran lebih besar dari pada batu bata sekarang.

”Batu dengan berelief kaki ditemukan di lahan sawah milik warga kami pada Minggu (24/11/2019) lalu,” kata Kepala Desa Sawuh Siswanto, Rabu (27/11/2019).

Siswanto menyebut penemuan itu berawal pada musim penghujan yang lalu, traktor untuk menggarp sawah tersebut, mata bajaknya seperti menyangkut batu. Sampai-sampai mata bajaknya bengkong, akhirnya tempat yang ada batunya itu ditandai oleh warga.

Nah seiring akan datangnya musim penghujan, pemilik tanah yang bernama Mirah, menyuruh salah satu warha untuk mengambil batu yang letaknya sudah ditandai itu. Pertama warga menemukan batu biasa berbentuk persegi. Saat penggalian memperoleh kedalaman 30 cm, baru warga menemukan potongan arca dengan relief kaki.

”Warga lapor ke saya dan kami tindak lanjuti untuk melaporkan lagi  ke Dinas Pariwisata(Dispar) Ponorogo,” katanya.

Demi keamanan potongan arca itu, kini Pemdes Sawuh membawa benda kuno itu disimpan di balai desa. Pihak Dispar, kata Siswanto meninjau ke lokasi pada Selasa (26/11/2019) kemarin. Mereka sudah melaporkan temuan ini kepada ahli purbakala dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerto.

”Mungkin dalam waktu dekat, tim purbakala  BPCB Trowulan kesini untuk melakukan ekskavasi guna penelitian,” pumgkasnya.(end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar