Peristiwa

Polsek Sambit Ponorogo Tangkap Pengedar Pil Koplo

Ponorogo (beritajatim.com) – Polsek Sambit berhasil menangkap pelaku pengedar pil koplo bernama Andika Yuda Purwanto di rumahnya Desa Jonggol Kecamtan Jambon Ponorogo. Saat ditangkap pelaku tidak berkutik, karena hasil penggeledahan, polisi menemukan barang bukti ratusan butir pil koplo yang telah dibungkus dalam beberapa plastik klip.

Per klip berisi 60 butir, 27 butir, dan 6 butir pil LL. Polisi juga mengamankan handphone milik Andika serta uang tunai Rp 200 ribu.

‘’Pelaku ini sudah menjalankan bisnis haram ini sejak tahun 2016,’’ kata Kapolsek Sambit, AKP Darmana, Selasa (12/2/2019).

Menurut pengakuan Andika, dirinya selama ini mengedarkan pil koplo ini disekitaran kecamatan Jambon dan Balong. Saat ini Andika dijerat dalam pasal 196/197 UU RI 36/2009 tentang Kesehatan. Karena pelaku dengan sengaja mengedarkan sediaan farmasi yang masuk kategori G dan dilarang sesuai UU Kesehatan.

‘’Kami masih mendalami, pelaku dapat barang tersebut dari jaringan mana selama ini,’’ katanya.

AKP Darmana menambahkan keberhasilan jajarannya menangkap pelaku merupakan hasil pengembangan. Karena sebelumnya polisi menggrebeg sejumlah pemuda yang berpesta miras di Jembatan Kepekan, masuk Desa Bancangan, Sambit.

Saat digeledah, salah seorang pemuda kedapatan mengantongi satu buah plastik klip berisi tiga butir pil LL. Dari situlah polisi mengembangkan kasus ini. Karena menurut pengakuan saksi, pil itu dibeli kepada pelaku yaitu Andika Yuda Purwanto. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar