Peristiwa

Polsek Poncokusumo Beri Pelatihan Penanggulangan Bencana

Malang (beritajatim.com) – Pelatihan penanggulangan bencana di berikan Polsek Poncokusumo, Kamis (8/8/2019) pagi ini. Pelatihan diberikan pada kelompok masyarakat (Pokmas) dan para relawan penanggulangan bencana.

Bertempat di Lapangan Desa Pandansari, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang ini, diikuti sedikitnya 200 orang termasuk Relawan Balakarcana, Kalak BPBD Kabupaten Malang, Sekcam Poncokusumo dan juga Plh Kasatpol PP Pemkab Malang, Teddi Wiryawan Priambodo M.Si selaku Ketua Panpel beserta Satpol PP Pemkab. Malang. Serta, perwakilan dari Tagana, Stikes Kepanjen, Dinsos dan juga Koramil Poncokusumo hingga pelajar SLTA.

Kanit Binmas Polsek Poncokusumo, Aiptu Anjis SH mengatakan, pelatihan terdiri dari Vertical Rescue yang diberikan oleh tim SAR Trenggana. PPGD dan juga Evakuasi korban oleh PMI Kabupaten Malang dan Stikes Kepanjen.

“Pemantapan semua materi pelatihan meliputi Vertical Rescue, PPGD dan Dapur Umum. Kemudian dilanjutkan simulasi,” terangnya Aiptu Anjis.

Ia menambahkan, kegiatan pelatihan Penanggulangan Bencana kepada kelompok masyarakat dan Relawan bertujuan untuk memberikan gambaran secara tehnis tentang langkah pertolongan pertama terhadap korban bencana.

“Termasuk pelaksanaan evakuasi dan pendirian dapur umum dalam upaya terjadinya bencana alam, semuanya kita simulasikan dalam pelatihan hari ini,” pungkas Aiptu Anjis. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar