Peristiwa

Pohon Tumbang Timpa 4 Rumah di Turen Malang

Malang (beritajatim.com) – Pohon tumbang di Kabupaten Malang menimpa empat rumah warga, Senin (4/3/2019) sore lalu. Akibat kejadian itu, rumah warga tertimpa pohon di Desa Jeru, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, dilaporkan mengalami kerusakan. Pohon tumbang terjadi saat hujan deras disertai angin kencang.

Empat rumah rusak itu milik Ngateri (54), Ana (41), Purwoko (39), serta rumah milik Bawon (41). Bangunan atas rumah warga tersebut rusak pada bagian atapnya.

“Kerusakan rumah akibat pohon tumbang tersebut, hanya bagian atapnya saja. Rata-rata kerugian yang dialami sekitar Rp 1 juta sampai Rp 4 juta,” terang Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang, Mudji Utomo, Selasa (5/3/2019).

Menurutnya, kejadian pohon tumbang tersebut terjadi saat hujan deras disertai angin kencang. Pohon jenis kelapa dan randu yang ada di samping rumah roboh, lantaran tidak kuat menahan terpaan angin. Pohon tumbang langsung menimpa atap empat rumah warga tersebut.

“Selain merusak atap rumah warga, pohon tumbang juga sempat memutuskan kabel aliran listrik. Untungnya, kejadian pohon tumbang tersebut tidak sampai mengakibatkan korban jiwa,” tutur Mbah Tomo sapaan akrabnya.

Pasca kejadian pohon tumbang tersebut, relawan PMI Kabupaten Malang bersama-sama dengan masyarakat sekitar langsung melakukan pemotongan pohon. Termasuk membersihkan pohon tumbang yang menimpa rumah warga.

Dengan kejadian pohon tumbang tersebut, pihak terkait menghimbau masyarakat untuk selalu waspada. Pasalnya selama musim hujan, ancaman pohon tumbang masih bisa terjadi sewaktu-waktu. Selain pohon pinggir jalan raya, juga pohon yang ada di sekitar pemukiman warga.

“Kami mengimbau warga untuk waspada dan hati-hati saat hujan deras disertai angin kencang. Karena saat angin kencang, pohon bisa sewaktu-waktu tumbang karena tidak kuat menahan terpaan angin,” tegasnya.

Sementara itu, selain membantu evakuasi pohon tumbang, PMI Kabupaten Malang juga menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak, Selasa (5/3). Bantuan yang diberikan kepada korban bencana alam ini berupa sembako. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar