Peristiwa

Pilkades Lebeng Barat Sumenep, Perolehan Suara Istri Ungguli Suami

Sumenep (beritajatim.com) – Ada yang berbeda dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Lebeng Barat, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep. Di desa ini, pasangan yang ‘bertarung’ adalah suami istri yakni Sumar’um sebagai cakades petahana, ditantang Ulfatul Jannah yang merupakan istrinya sendiri.

Karena itu, suasana yang dimunculkan dalam Pilkades di desa itu berbeda dengan desa-desa lainnya. Lebih mirip dengan resepsi pernikahan dibanding pemungutan suara.

Kedua calon duduk bersanding di kuade. Setting di kursi pemilihan pun lebih mirip dengan kursi pelaminan. Bahkan para tamu yang datang juga dipersilahkan berfoto bersama kedua calon, layaknya foto bersama pasangan pengantin. Setiap tamu yang datang untuk memberikan hak suaranya, dipersilahkan makan di tempat yang telah disediakan.

Tidak tampak suasana ketegangan sama sekali di Pilkades itu. Yang terasa justru suasana kebahagiaan dan kekeluargaan. Antusias masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya pun sangat tinggi. Mereka rela antri dengan tertib untuk masuk ke bilik suara.

Saat penghitungan suara, hasilnya cukup mengejutkan. Perolehan suara cakades petahana, justru tertinggal jauh di bawah perolehan suara istrinya. Hasil penghitungan, dari 3.422 surat suara yang masuk, Sumar’um mengantongi suara 854 dan istrinya mendulang 2.441 suara. Dengan demikian, istri cakades petahana mampu ‘menumbangkan’ perolehan suara suaminya.

Menanggapi hasil Pilkades itu, Sumar’um mengaku cukup puas. Jabatan kepala desa yang sudah diembannya selama 2 periode, memang sudah saatnya berganti pada yang lain, meski masih istrinya sendiri. “Saya sama sekali tidak mempermasalahkan perolehan suara saya jauh di bawah istri saya. Bahkan saya dapat 0 suara juga tidak masalah. Biarlah ganti istri saya yang memimpin desa ini,” ucapnya. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar